Saat bekerja kita disibukkan dgn banyak kewajiban, aturan, tantangan, tenggat waktu & masih banyak lagi pekerjaan harus dituntaskan. Bahkan mungkin saja membuang waktu buat hal-hal kecil di awalnya menyenangkan kayak bergosip, chatting, email tak jelas menyita banyak waktu, bukan tak mungkin kita akan cepat loyo karena energi seharusnya dimanfaatkan dgn efektif akan terkuras.
Jika kita bisa memanfaatkan waktu di tengah kesibukan & ditnya aktifitas bekerja, banyak keuntungan akan dibisa kayak dilansir dari mayoclinic. Selain energi terpakai akan lebih efektif, tubuh bugar, pikiran segar, semangat pun terdongkrak.
Berikut beberapa tips cara memanfaatkan waktu bekerja:
Langkah pertama, mencoba buat rileks:
- Tarik nafas panjang & dlm, hembuskan kembali perlahan, usahakan tubuh merasa rileks.
- Kerjakan segala sesuatunya dgn lebih simple, lakukan pekerjaan lebih efektif & efisien.
- Fokus di setiap langkah anda, tuntaskan dgn tenang.
- Jangan mudah panik menghadapi kesulitan-kesulitan kecil.
- Tanamkan dlm pikiran anda, kantor ; rumah kedua menyenangkan.
- Siap buat meneruskan langkah selanjutnya?Cek daftar pekerjaan dlm seminggu, mana telah tercapai & mana belum. Ini akan meringkas waktu anda.
- Atur posisi & letak barang-barang di meja kerja lebih rapi & tertata buat memudahkan kita mencarinya saat membutuhkan. Tak ada lagi waktu & energi terbuang percuma buat hal-hal kecil.
- Tak ada salahnya mendengarkan musik dikala bekerja buat membantu kita lebih meringankan beban.
- Hias meja kerja kita dgn bunga lavender atau aromaterapi lavender. Lavender membantu kita merasa lebih rileks. Hasilnya? Mampu mengusir sakit kepala, insomnia atau gangguan tidur, perasaan cemas & perasaan lelah.
- Sediakan air putih buat diminum membantu kita buat mencegah dehidrasi, kulit kering & bibir pecah-pecah dlm ruangan AC.
- Posisi duduk benar, punggung tak melengkung buat menghindari sakit punggung.
- Saat membaca di layar monitor & tangan tak bekerja, sempatkan buat senam kecil sambil duduk di depan komputer. Gunakan kaki, tangan & kepala anda.
- Regangkan tubuh buat mengusir penat.
- Berpikir positif & optimis juga membantu kita lebih kuat & bersemangat menghadapi segala permasalahan di kantor.
- Lebih banyak senyum & tawa, tingkatkan rasa humor, ini memicu hormon endorphin membuat mood lebih baik.
- Biasakan sarapan sebagai bekal energi buat beraktifitas sepanjang hari.
- Manfaatkan waktu istirahat buat mengisi perut, makan teratur mencegah sakit maag. Sakit kepala & nyeri perut timbul karena maag bisa menghambat aktifitas bekerja.
- Waktu istirahat juga bisa digunakan buat mengisi ulang energi dgn melepas lelah sejenak.
0 comments:
Post a Comment