Saturday, August 2, 2008

Lindungi Mata dari Radiasi Komputer!


Mata adalah salah satu aset paling berharga hingga harus dijaga benar kesehatannya. Keseringan melototin monitor komputer bisa membuat mata men lelah.

Tahukah Kita bahwa radiasi gelombang elektromagnetik ditimbulkan komputer bisa mengganggu kesehatan? Studi dilakukan American Optometric Association (AOA) mencetuskan bahwa radiasi komputer bisa menyebabkan kelelahan mata & gangguan mata lainnya.

Kebanyakan gejala dikeluhkan responden ; soal kelelahan mata, pandangan menjadi
kabur & mata kering. Masalah visual lainnya timbul ; soal gangguan sakit kepala & sakit leher atau bahu.

Nah buat Kita sering nongkrong di depan komputer, lindungi & rawatlah mata Kita dari radiasi ditimbulkannya. Berikut beberapa tips trik bisa dilakukan buat menghindarinya.

1. Pakai pelindung layar komputer (filter) buat mengurangi radiasi ditimbulkan komputer.

2. Pilih layar komputer radiasinya rendah, kayak layar LCD (liquid crystal display).

3. Jagalah jarak pandangan mata dgn monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dgn monitor komputer ; 45 cm.

4. Sesuaikan posisi layar komputer dgn mata, janga
n ketinggian & jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher. Selain itu, jika monitor terlalu tinggi dari pandangan mata maka akan menggangu pasokan udara disuplai ke otak. Sebaiknya layar monitor diposisikan sejajar dgn pandangan mata.

Menurut American Optometric Association (AOA), kayak dilansir Rctimes, buat mencegah kelelahan mata sebaiknya tempatkan monitor dgn posisi ergonomis. Monitor harus ditempatkan di posisi 16-30 inci dari mata, tergantung seberapa besar layar. Umumnya posisi nyaman buat menatap monitor ; 20 hingga 26 inci.

5. Sesuaikan pencahayaan monitor dgn intensit
as kenyamanan mata.
Brightness terlalu terang atau terlalu buram tidak baik buat kesehatan mata. Pencahayaan terlalu terang akan membuat mata men silau, sedangkan pencahayaan terlalu buram hanya & membuat mata bekerja lebih keras buat melihat. Hal ini akan membuat mata men cepat lelah. Buat itu, cobalah sesuaikan brightness & contrast monitor hingga mata Kita bisa melihat dgn nyaman. Jangan lupa juga buat menyesuaikan resolusi dgn karakter di monitor agar dokumen-dokumen mudah dibaca mata.

6. Istirahatkan mata sejenak.
Jangan terus-terusan melototin layar komputer. Usahakan sediakan waktu beberapa menit buat mengendorkan & mengistirahatkan mata Anda. Ini akan mengurangi kepenatan mata & otot. Segarkan mata dgn tips cara memandang ke ruangan lain atau memandang indahnya langit biru atau tanaman hijau.

7. Seringlah mengedipkan mata demi menghindari mata men kering.
Jarang mengedipkan mata akan membuat mata men kering. Karena itu sering-seringlah mengedipkan mata, karena dgn berkedip maka mata akan mengeluarkan air mata akan menyebar ke seluruh permukaan kornea buat menjaga mata tetap lembab & jernih.

8. Pakailah kacamata dgn lensa khusus buat komputer. Kayak pernah diberitakan, ahli masalah mata (Optometrist) Dr. Jay Schlanger mengatakan beberapa perusahaan kini mulai membuat lensa untukan atasnya dirancang buat melihat komputer, & untukan bawahnya buat membaca.

Pengguna lensa kontak juga punya solusi, yaitu dgn mengganti lensa kontak generasi baru terbuat dari silikon hydrogel. "Silikon jenis ini memungkinkan daya transmisi oksigen lebih tinggi dibanding jenis lain," ungkap Schlanger.

9. Perbanyak konsumsi vitamin A, agar mata tetap dlm kondisi baik.

10. Jika merasa mata mengalami gangguan, segera pergi ke dokter mata buat meyakinkan bahwa mata Kita benar-benar sehat.

Sumber ; detikinet.com

0 comments: