Saturday, August 2, 2008

Beberapa Makanan Cepat Bikin Gemuk


Kita sangat suka sekali menyantap makanan, tapi hati-hatilah. Bisa makanan kita sukai & sering kita jadikan santapan membuat tubuh kita lebih cepat menggembung. Inilah makanan bisa membuat kita lebih cepat gemuk menurut situs WebMD :

Es Krim.
Betapa nikmatnya menikmati krim dingin dgn rasa vanila, strawberry maupun coklat saat cuaca panas. Tapi waspada, jika kita tidak berhati-hati, kalori terkadung di makanan dingin ini bisa diserap dgn cepat.

lupakanlah betapa nikmatnya toping, kue waffle dgn es krim di atasnya, es krim cone kita nikmati saat di pusat perbelanjaan & es krim stik favorit anda.

Akan lebih baik jika kita memilih buat mengonsumsi yoghurt beku atau sorbet, atau jika kita merasa kesulitan ketika harus menghindari es krim, belilah es krim dgn kadar kalori ringan.

Hot Dog.
Perpaduan antara sosis panggang atau goreng dibalut dgn roti hangat & siraman mayonaise maupun saus memang sangat nikmat.

"Buatlah hotdog sesederhana mungkin, tetap nikmati tapi tidak lebih dari satu hotdog. Karena hotdog tidak hanya memiliki lemak tinggi tapi juga memiliki banyak sodium" Ujar Susan Moores, MS,RD, juru bitips cara American Dietetic Association (ADA).


Coklat.
Makan coklat memang menyenangkan sekaligus bisa menenangkan karena kadar kafeinnya. Dark Chocolate memang meimiliki beberapa khasiat buat kesehatan, tapi itu pun jika kita mengonsumsi dgn porsi sedikit.

"Nikmatilah kandungan satu ons polyphenol tinggi di dark chocolate, & jangan makan terlalu banyak karena akan banyak merugikan kesehatan karena kandungan lemak, gula & kalorinya," kata Moore.

Toping, dressing & Saus.
"Saus Hollandaise di atas asparagus, whipped cream di atas jus strawberry atau dressing dgn lemak tinggi di campuran salad kita dari makanan sehat men kalori dgn kadar tinggi buat tubuh anda," kata Katherine Tallmadge, MA, RD, penulis Diet Simple : 192 Mental Tricks, Subtitutions, Habits Inspirations memperingatkan. Sebagai gantinya, pilihlah toping, dressing atau saus lebih light (ringan).

Minuman kayak iced coffee drinks, cocktail & smoothies.
"kalori dlm bentuk cairan sangat cepat menyatu kedlm tubuh," kata jurubitips cara ADA Christine Gerbstdat, MD, RD. "Sebaiknya kita mengetahui apa terkandung di dlm minuman kita & kurangilah makanan atau minuman dgn kalori tinggi."

Makanan penutup terbuat dari kacang, coklat & kelapa bisa men 'ranjau' kalori.

Sarah Krieger, MPH, RD memberikan saran buat menambahkan menu buah-buahan buat makanan penutup. Salad dicampur dgn ayam, salad kentang, keju, mayonaise & bahkan potongan roti dipenuhi dgn lemak & kalori.

"Ganti saja hal-hal memiliki banyak lemak & kalori tadi dgn sayuran hijau dgn tambahan light mayonaise." ujar profesor Universitas Boston, Joan Salge Blake, MS, RD.

Makanan dipanggang kayak iga bakar, steak, daging burger & sebagainya memang nikmat.
Tapi hati-hatilah, daging-daging tersebut banyak tersisip lemak.

"Bakarlah ayam, ikan, daging tanpa lemak bersama dgn sayuran & buah-buahan," kata jurubitips cara ADA Marissa Moore, RD.

Buah kelapa banyak ditemukan di berbagai makanan kayak di dlm cake maupun smoothies.
Buah kelapa memiliki lemak jenuh, pemanis, termasuk diantaranya 129 kalori & 8 gram lemak.

"jika kita menikmati porsi besar buah kelapa, maka kadar kalori dlm tubuh kita akan meroket. Misalnya masakan memiliki kelapa kayak udang goreng kelapa memiliki 300 gram kalori," ujar Gerbstadt.

Sumber ; Rileks.Com

0 comments: