Sunday, July 20, 2008

Hidup Sehat Tanpa Migren

Terserang migren alias sakit kepala sebelah memang menyebalkan. Namun migren bisa datang kapan saja tanpa bisa dimengerti. Migren ; jenis gangguan berupa rasa nyeri hanya menyerang untukan kepala tertentu. Dlm beberapa kasus, migren sering disertai gejala lain kayak kepekaan mata saat melihat sinar, blind spot, & kebas di tangan & kaki.

Pada dasarnya migren ter karena perubahan aliran darah menuju otak. Perubahan gaya hidup & terapi obat-obatan bisa mengurangi rasa sakit & frekuensi terserang migren.
Karena itu mulailah hidup sehat tanpa migren!

1. Berlatih aerobik setidaknya 4 jam dlm seminggu selama 20 hingga 30 menit setiap kali. Wanita, terutama punya hormon aktif punya peluang lebih besar terserang migran. Latihan regular bisa menjaga tingkat hormon agar selalu seimbang.

2. Analisa kepribadian Anda. Ada satu indikasi bahwa seseorang selalu ingin perfectionist punya risiko lebih besar terserang migran. Cobalah buat sedikit lebih relaks.

3. Nafas dlm-dlm. Oksigen dlm dosis besar sangat efektif buat mencegah sakit kepala & migren. Bernafas dlm-dlm juga membantu Kita buat bersantai.

4. Hindari pantangan atau hal biasa membuat Kita alergi. Tapi buat beberapa orang, makanan memiliki gula, susu, keju atau anggur merah bisa menghilangkan migren. Sebaiknya perbanyak konsumsi makanan memiliki protein.

5. Hindari berada di bawah lampu bertegangan tinggi dlm waktu lama. Terkadang hal ini bisa membuat kepala Kita langsung terserang mirgan dgn tiba-tiba.

6. Biasakan bangun pagi di waktu sama setiap harinya. Atur jam tidur Kita buat menyembuhkan migran. Hindari terlalu banyak suplemen & beristirahatlah dgn cukup.

7. Kunjungi dokter Anda. Jika langkah-langkah di atas tak bisa membuat Kita terhindar dari migran, pasti ada salah. Sebaiknya berkonsultasi dgn dokter & meminta jalan penyembuhan terbaik.


Bawang Putih Buat Mengobati Migren

Di samping memiliki banyak protein, hidrat arang, & vitamin, ternyata umbi bawang putih juga memiliki ikatan asam amino disebut alliin. Jika alliin ini menbisa pengaruh dari enzim allinase, bisa berubah men allicin. Selanjutnya, jika allicin bertemu dgn vitamin B1 akan membentuk ikatan allithiamine.

Kaitannya dgn pengobatan migren, ambil 2 butir bawang putih, lalu buang kulit luarnya. Kunyah perlahan-lahan, & telan setelah lumat. Kemudian minum air masak hangat. Lakukan tiga kali sehari.


Migren Karena Stres? Coba Atasi Lewat Relaksasi

Kita tak punya waktu atau biaya lebih buat menyegarkan pikiran, tubuh serta semangat? Ini dia saatnya Kita memilih alternatif relaksasi sederhana bisa Kita lakukan di sela-sela waktu istirahat Anda.

Daripada pikiran pusing, tubuh tak enak dibawa bekerja & tak ada semangat, lebih baik Kita ambil sedikit waktu buat menyegarkan semuanya. Caranya mudah, cukup dgn beberapa tehnik relaksasi dasar saja.

Selain berguna mengurangi stres, relaksasi juga bisa mengobati serangan jantung & stroke. Ada beberapa tehnik relaksasi bisa Kita gunakan.

Yoga
Intinya ; Kita harus fokus & bernafas dgn teratur. Yoga telah men alternatif penyembuhan populer. Partisipan diminta buat mengosongkan pikiran mereka terhadap satu tujuan & menenangkan energi mereka.

Tarikan nafas panjangan dgn sedikit peregangan yoga & beberapa pose dasar bisa menyegarkan tubuh, pikiran & batin. Walaupun latihan itu hanya Kita lakukan beberapa menit saja, yoga bisa mempengaruhi tampilan seseorang, membuat mereka selalu berpikiran positif & penuh semangat.

Buat ikut kelas yoga tidaklah sulit. Dewasa ini banyak sekali kelas yoga bisa Kita temui di pusat kebugaran ataupun tempat-tempat kecantikan. Kita juga bisa mempelajarinya sendiri. Lewat buku, juga video. Jika Kita sudah mengenal yoga, lakukan latihan yoga dgn frekuensi konsistan buat hasil lebih baik.

Meditasi
Meditasi juga nggak kalah ampuhnya dgn yoga buat menghilangkan stres. Meditasi dilakukan dgn tips cara mengendalikan kekuatan pikiran, menari kebebasan mental & lolos dari rasa stres. Jika Kita bermeditasi dgn regular, Kita bisa dgn mudah mengatur kekuatan mental, fisik & emosional.

Kita tak perlu melakukan hal berlebihan buat meditasi. Cukup duduk dlm posisi nyaman di lokasi pribadi Anda, tambahkan visual menyegarkan di sekitar Anda. Bisikkan kata menyegarkan akan membuat Kita mudah fokus. Kita bisa melakukannya dgn mata terbuka atau tertutup.

Pijat
Kita bisa melepas stres dgn pijatan ringan ataupun pijat urut buat seluruh badan. Bisa dgn Kita coba lakukan sendiri atau pergi saja ke tempat pijat langganan Anda.

Yoga, meditasi & pijat ; tips cara terefektif buat mengembalikan keseimbangan tubuh, pikiran & semangat Anda. Kekuatan pikiran ; hal paling luar biasa. Kekuatan pikiran juga mengendalikan mimpi, kepercayaan & hal paling diandalkan dlm kehidupan. Latihlah tehnik relaksasi dasar buat mengembalikan rasa kepercayaan diri Anda.

Tips trik Atasi Stres

Stres bisa berakibat fatal buat kesehatan Anda. Risiko penyakit jantung & tekanan darah tinggi men masalah paling sering timbul akibat stres berkepanjangan. Namun stres juga ada gunanya. Dgn tekanan, Kita akan berpikir & berusaha dgn lebih keras buat mencapai sesuatu.

Tak ada salahnya Kita mengalami stres sesekali. Namun jika stres datang setiap saat & Kita sudah mulai gusar karenanya, ini harus Kita pecahkan. Coba tips trik berikut ini:
1. Beruntuklah dgn orang paling bisa Kita percaya. Curhat mungkin men obat paling ampuh buat mengatasi stres. Dgn menceritakan permasalahan tengah Kita rasakan beban Kita akan terasa lebih ringan. Syukur-syukur teman Kita curhati punya saran & solusi buat memecahkan masalah Anda.

2. Belajarlah buat menerima keadaan & keadaan diri Anda. Jangan memaksakan kehendak kepada seseorang mungkin tak bisa dilakukannya. Jika Kita merasa sudah berusaha dgn cukup keras buat mencapai sesuatu namun hasilnya tetap saja kurang memuaskan, sadarkan memang sebesar itu kemampuan Anda. Mungkin kali ini Kita gagal, tapi Kita bisa belajar dari kegagalan itu & mencobanya lagi.

3. Tugas & pekerjaan membuat Kita stres. Tinggalkanlah sejenak pikiran itu & bersantai luangkan sedikit waktu buat Kita beristirahat & mengerjakan hobi. Setelah pikiran segar, pastinya tugas & pekerjaan bisa dihadapi dgn kepala dingin & ide cemerlang.

4. Atur waktu Kita dgn sebaik-baiknya. Jika Kita merasa tak lagi punya banyak waktu sebaiknya pikirkan 2 kali buat ikut dlm kegiatan benar-benar tidak Kita butuhkan saat ini. Hindari sikap-sikap negatif & cobalah buat selalu berpikir positif agar pikiran Kita tak selalu terbebani oleh hal-hal tak benar.

5. Selain menjaga pikiran, stres tidak akan muncul dlm raga sehat. Oleh karena itu jagalah kesehatan Kita dgn makan & olahraga teratur. Hindari mengkonsumsi rokok & tidurlah dgn teratur.

Sumber : detikHot

0 comments: