Monday, September 6, 2010

Hati-Hati.. Jangan Salah Pilih Lip Gloss

Beberapa artikel baru-baru ini menyebutkan efek samping dari penggunaan lip gloss. Kilau memukau bagai gelas di bibir karena pemakaian lip gloss justru disinyalir bisa mempertajam paparan sinar matahari di kulit bibir. Benarkah?

Dr. Baumann, penulis buku best seller “T
he Skin Type Solution”, menyebutkan hal tersebut mungkin terjadi.

Kulit Bibir tak memiliki kelenjar sebum bisa memproduksi minyak alami kayak halnya kulit di daerah lain. Hal inilah menyebabkan kulit bibir men lebih cepat kering. Terlebih lagi, karena tidak adanya perlindungan kelenjar sebum tersebut, kulit bibir men lebih rentan terhadap kerusakan diakibatkan paparan sinar matahari. Hasilnya? Degenerasi kolagen & elastin – menyebabkan hilangnya elastisitas kulit bibir, meningkatnya jumlah guratan, serta meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Masalahnya, banyak orang mengatasi kekeringan kulit bibir dgn sekadar memakai pelembab bibir, atau lip gloss & lip balm tidak memiliki SPF. Mereka tidak terlalu merisaukan kerusakan di kulit bibir diakibatkan paparan sinar matahari. dihal, penggunaan lip gloss memberikan efek berkilau (shiny lip glosses) bisa mengintensifkan paparan sinar matahari.

Karena itu sebagai solusinya, pemakaian lip gloss memiliki SPF sangat dianjurkan. Atau, pilihlah lip balm dgn sunscreen tidak mahal & aplikasikan berulang di bibir. Selanjutnya, kita bisa menambahkan lipstik atau lipgloss apapun kita suka. Akan lebih bagus lagi bila kita memanfaatkan lip balm, lipgloss atau lipstik juga memiliki vitamin E. Selain kaya akan pelembab, vitamin E adalah antiokasi& kuat bisa mengobati kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Sumber : Rileks.com

0 comments: