Saturday, April 11, 2009

Redamkan Stress Kita Dgn Membaca

Kita hobi membaca? Kegemaran satu ini tak hanya bisa menambah wawasan tapi juga bisa men solusi jitu & murah buat meredam stres. Membaca meskipun hanya selama enam menit diyakini para peneliti bisa merelakskan pikiran & mengurangi tingkat stres Kita alami.

Tips cara ini terbilang sangat jitu & bekerja dgn cepat bila dibandingkan dgn metode lainnya kayak mendengarkan musik, berjalan-jalan atau berdiam diri sambil menikmati suguhan secangkir teh.

Para psikolog meyakini hal ini ter karena di saat membaca, pikiran seseorang akan terpusat & berkonsentrasi di bahan bacaan hingga tekanan di otot & jantung mengendur. Penelitian itu dilakukan oleh para peneliti dari Unversitas Sussex, Inggris dgn melibatkan sejumlah responden.

Para responden diketahui sedang mengalami stres diberikan berbagai pilihan metode tradisional penghilang stres. Hasilnya menunjukan, stres diderita berkurang hingga hingga 68 persen di saat mereka membaca. Responden hanya perlu membaca dgn tenang selama 6 menit buat menurunkan kecepatan detak jantung, tensi darah serta ketegangan otot.

Sementara metode lainnya kayak mendengarkan musik hanya bisa mengurangi tingkat stres sebanyak 61 persen, menikmati secangkir teh atau kopi hangat hanya 54 persen, berjalan-jalan hanya mampu mengurangi stres 42 persen & bermain video games hanya 21 persen.

Menurut Dr Lewis, selaku pemimpin riset, membaca adalah tips cara terbaik buat melupakan sejenak kenyataan-kenyataan tidak menyenangkan terutama saat menghadapi perekonomian serba tidak menentu ini. Lebih lanjut Ia juga mengatakan, tak masalah jenis buku apa Kita baca, asalkan Kita terpikat & terlarut dlm bacaaan tersebut maka Kita akan terhindar dari rasa gelisah & stres menghantui hari-hari Anda.

“Melarutkan diri ke dlm buku bacaan adalah tips cara terbaik buat relaksasi,” ujar Dr Lewis.

Sumber : Rileks.Com


Baca Juga :
- Tips trik Rambut Tetap Sehat Sehabis Smoothing
- Khasiat Kayu Manis & Madu
- Tips trik Praktis Atasi Stress Kamu
- Tips trik Agar Buah & Sayuran Tetap Segar
- Tips trik Agar Tulang Tetap Kuat
- Tips trik Tetap Oke, Meski Capek
- Tips trik Tampil PD Dgn Backless
- Tips trik Daftar Blog Di Search Engine

0 comments: