Tuesday, February 3, 2009

Tips trik Enyahkan Bau Mulut Tak Sedap

Kata-kata keluar dari mulut kita selalu manis & enak didengar. Lantas kenapa semua orang menjauhi kita ketika kita mulai berbicara? Bisa penyebabnya ; bau mulut atau istilah medisnya halitosis.

Singkat kata, bau mulut diakibatkan oleh adanya bakteri penyebab bau di dlm mulut. Bakteri tersebut hidup dari protein, baik dari sisa-sisa makanan maupun protein tertinggal di air liur.

Penyebab bau mulut

Produk Susu

Keju & produk susu lainnya kaya akan protein, hingga men santapan lezat tak hanya buat kita tapi juga buat bakteri penyebab bau mulut.

Alkohol

Alkohol bisa mengurangi produksi air liur di dlm mulut, & bakteri amat menyukai lingkungan kering.

Gula

Bukan cuma membuat gigi kita berlubang, gula juga adalah sumber makanan buat bakteri.

Bawang Putih

Bawang putih kaya akan kandungan sulfur, sudah cukup dikenal sebagai penyebab bau mulut. Bahkan tidak hanya mulut kita saja bau apabila mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak, namun juga keringat anda.

Rokok

Merokok membuat mulut kita kering & men sarang nyaman buat bakteri. Selain itu, kombinasi lebih dari 4000 zat kimia dlm rokok berkumpul di dlm mulut kita sudah pasti akan menciptakan aroma kurang sedap.

Melawan bau mulut

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang saatnya kita melakukan tindakan-tindakan buat mencegah maupun mengatasi bau mulut. Hal paling utama ; menjaga mulut kita tetap bersih & harum dgn rajin-rajin menyikat gigi, memanfaatkan obat kumur atau permen pengharum nafas ( sugar free).

Air

Saat meminum segelas atau dua gelas air, otomatis kotoran tersisa di mulut mungkin menyebabkan bau mulut akan digelontor habis. Minum air cukup juga memastikan produksi air liur kita tetap terjaga.

Klorofil

Baik dikonsumsi dlm bentuk kapsul maupun cair, klorofil atau zat hijau daun -- terbukti bisa menyebabkan nafas segar & mulut lebih bersih. Kalau tak ada stok klorofil di rumah, kunyah saja beberapa helai daun kemangi atau seledri.

Rempah-rempah

Beberapa jenis rempah mampu membuat nafas kita harum. cengkih, anis, jintan, peppermint, & ketumbar sudah digunakan sejak jaman dulu sebagai pengharum nafas. Banyak tips cara mengkonsumsinya, namun paling efektif ; dgn mengunyahnya.


Sumber ; SendokGarpu.com

0 comments: