Tuesday, January 6, 2009

Tips trik Menangkal Penyakit Selama Musim Hujan

SUDAH siapkah Kita menghadapi musim hujan tahun ini? Kayak apa persiapan & antisipasi Kita menghadapi musim hujan? Ingat, musim hujan tidak hanya identik dgn bencana banjir, tapi juga penyakit. Ada beberapa penyakit sering muncul selama musim ini, antara lain sinusitis, flu, demam berdarah, & diare. Berikut ini ada beberapa tips trik buat menghindari penyakit kerap menghantui Kita selama musim hujan :


Cegah Sinusitis

- Rajin-rajin cuci tangan. Tindakan sederhana ini terbukti efektif buat mengurangi risiko tertular penyakit saluran pernapasan. Sebisa mungkin hindari kontak dgn mereka sedang terkena batuk pilek.

- Bila Kita memanfaatkan AC, sering-seringlah membersihkan penyaringnya agar debu, jamur, & berbagai hal mungkin bisa mencetuskan alergi bisa dikurangi. Demikian juga dgn karpet & sofa.

- Mengonsumsi makanan & minuman hangat, terutama menu empat sehat lima sempurna.

- Hindari rokok & usahakan menghirup udara pagi sambil berolahraga.

- Kenakan jas hujan atau payung ketika hujan. Gunakan penutup hidung bila berada di daerah rawan polusi.

Cegah Flu

- Beristirahat cukup. Istirahat cukup akan memperkuat daya tahan tubuh.

- Mencuci tangan. Mencuci tangan sangat penting buat menghindari penularan. Seuntukan virus flu menyebar lewat kontak langsung. Jadi, cuci tangan sesering mungkin dgn sabun dan, kalau bisa, dgn air hangat.

- Hindari kontak dgn penderita. Virus flu tersebar juga melalui udara & air liur. Oleh karena itu, hindari pertemuan jarak dekat dgn penderita flu.

- Makan-makanan dgn gizi seimbang. Konsumsi makanan memiliki phytochemical. Phytochemical ; bahan kimia alami ada di tumbuhan memberi vitamin di makanan. Zat jenis ini terbisa di buah & sayuran segar berwarna hijau, merah & kuning gelap.

- Berolahraga setips cara teratur. Sempatkan diri buat berolahraga. Tak perlu olahraga berat. penting bisa dilakkukan setips cara teratur, kayak jogging ataupun senam ringan.

- Jangan merokok. Perokok berat lebih rentan terserang flu. Asap rokok bisa menyebabkan untukan sistem pernapasan kering, hingga lebih mudah terserang virus.

- Minum banyak air. Air berfungsi mengangkat racun-racun ada dlm tubuh. Orang dewasa butuh delapan gelas air dlm sehari.


Cegah demam berdarah

- Bak atau tempat penampungan air harus ditutup buat mencegah nyamuk bertelur di tempat itu & dikuras paling tidak dua kali seminggu, supaya telur-telur nyamuk tidak menetas men jentik.

- Usir nyamuk dgn obat nyamuk sebelum tidur, atau Kita bisa memanfaatkan obat nyamuk gosok.

- Jaga kerapian. Jangan menggantung baju. Lebih baik lipat saja, penyebab pakaian tergantung bisa men tempat persembunyian nyamuk aedes aegypti. Bersihkan setiap hari meja & laci ada di kamar Anda. Buanglah kertas-kertas tak terpakai penyebab laci meja kotor & tak terurus juga bisa men sarang nyamuk.

- Abatisasi. Abatisasi ; menaburkan bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air. Abatisasi bisa diulang setiap 2-3 bulan sekali. Abate tidak berbahaya buat manusia. Abatisasi hanya di tempat-tempat air tergenang, kayak bak mandi, jambangan bunga & selokan kecil. Jangan taburkan abate ke air mengalir. Abate juga baik ditaburkan ke tempat-tempat air sulit dikuras atau dibersihkan.


Cegah Diare

- Biasakan diri buat menjaga kebersihan dgn mencuci tangan & kaki setelah bepergian.

- Kenakan alas kaki buat mencegah penyebaran & masuknya kotoran atau parasit lewat kulit.

- Jangan membeli makanan di sembarang tempat.

- Bersihkan selokan, terutama tersumbat, buang sampah di tempatnya.

- Perbanyak minum vitamin & asupan nutrisi buat menjaga kondisi tubuh.

- Sediakan selalu oralit di rumah.

Sumber ; OkeZone.Com

0 comments: