Wednesday, January 28, 2009

Tips trik Atasi Pilek Tanpa Obat

Cuaca tak menentu kayak ter akhir-akhir ini, tak jarang membuat tubuh cenderung rentan terhadap pilek. Terlebih jika Kita tengah melakukan aktivitas dit.

Berbagai faktor kayak kecapaian, virus & stres adalah faktor paling sering menimbulkan infeksi di tenggorakan & hidung berakibat munculnya gejala pilek kayak hidung mampet, tenggorakan serak & kepala terasa pusing.

Tentu saja hal itu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama buat Kita memiliki jadwal dit. Namun, janganlah khawatir, Kita bisa memanfaatkan beberapa hal sederhana buat mengembalikan vitalitas tubuh. Salah satu kuncinya yaitu dgn memanfaatkan waktu libur. Menurut Penulis Buku Air Penyembuh Ajaib, Herminia De Guzman-Ladion, ketika Kita sudah terserang pilek, usahakan Kita tinggal dirumah & beristirahat. karena bekerja ketika pilek akan mengakibatkan menambah parah derita buat anda. Lagipula teman Kita akan lebih menghargai Kita buat membatasi penyebaran virus.

Setelah Kita dipastikan tinggal dirumah, maka langkah selanjutnya, Kita benar-benar memanfaatkan waktu buat tidur setips cara maksimal. Hingga tubuh akan menbisa energi baru. Semacam penebusan atas kerja tubuh berlebih.

Namun perlu diingat, ketika Kita memtuskan beristirahat, jangan sentuh makanan memiliki gula kayak kue, es krim & lainnya. Kandungan gula dlm darah akan menurunkan daya tahan tubuh kita terhadap infeksi. Justru kita disarankan buat mengkonsumsi buah-buahan, sari buah atau jus.

Selain itu, perbanyak konsumsi air putih. Jika dlm kondisi normal Kita mengkonsumsi 6 hingga 8 gelas sehari maka ketika pilek maka sebaiknya Kita meningkatkan konsumsi air hingga 10 gelas. Air bisa menghanyutkan virus dari tubuh Kita dlm berbagai bentuk kayak keringat & air seni.

Pilek adalah gejala penyakit mempunyai tahapan yaitu tenggorokan, kepala & dada. Namun tahapan itu tidaklah berurutan. Bisa saja Kita terkena terlebih dahulu di untukan kepala atau tenggorokan.

Jika Kita terlebih dahulu terkena di tenggorokan, maka Kita bisa berkumur dgn larutan garam panas buat meringankan gejalanya. Kita hanya siapkan segela air panas (80 derajat Celsius) & setengah sendok teh garam. Kemudian larutan garam tersebut di air panas & berkumurlah selama lima menit. Sesudah itu Kita disarankan jangan minum air dingin. Lakukan 3 kali sehari.

Jika Kita sudah berkumur larutan garam, kemudian Kita siapkan sapu tangan telah dibasahi air dingin kemudian taruh dlm kain flanel kemudian lilitkan di leher kayak saat mengompres kepala.

Namun, jika pilek kita derita berawal dari sakit kepala tak kalah menyiksa, Kita perlu lakukan hanyalah merendam kaki dgn memanfaatkan air panas. Dgn kayak itu darah akan lancar ke kepala hingga bisa menghilangkan rasa sesak.

Selain itu, tips cara lain bisa digunakan yakni menghirup uap panas. perlu kita siapkan antara lain, kertas koran atau karton, kemudian masaklah air dgn memanfaatkan panci atau teko. Kemudian dekatkan lipatan kertas membentuk pipa tersebut dgn panci atau teko. Dgn menghirup uap air panas, hidung tersumbat akan hilang. Tips cara itu bisa dilakukan sehabis merendam kaki.

Jika Kita kurang beruntung terkena gejala pilek di dada disertai batuk & demam. Maka penggunaan panas di dada akan menolong anda. Caranya cukup mudah, lakukan kayak Kita lakukan di tenggorokan.

Pertama basuh kain dgn air panas, kemudian siapkan handuk buat menutupi dada Anda. Kemudian taruh kain telah dibasuh air tadi keatas dada kemudian tutup dgn handuk tersebut. Biarkan hingga panas hilang. Jika perlu lakukan hal ini tiga kali sebelum tidur. Setelah selesai, bilas dgn handuk. Kemudian disarankan buat segera tidur.

Namun dlm sepekan Kita belum juga sembuh. Kemudian timbul gejala-gejala lain perlu dicurigai maka segera hubungi dokter.

Sumber ; Republika.co.id

0 comments: