Sunday, January 4, 2009

Proses Penanaman Tanaman

Cara menanam tanaman berbeda-beda, tergantung dr jenis tanamannya. Masing masing tanaman memiliki kondisi fisik lain satu dgnlainnya olh karena seperti ituhendaknya anda ingin menanam memperhatikan benar benar cara menanam tanaman tersebut. Disni tak akan membicarakan cara menanam tanaman industry karena tanaman tersebut lebih spesifik & lebih kompleks perawatannya.

Para petani harus memperhatikan musim, kondisi tanah, curah hujan, & lain lain.Untuk tanaman hias, menanam tanaman bisa diletakkan pada 2 tempat berbeda, pot atau di tanah. Untuk beberapa tanaman seperti anggrek, bisa diletakkan di sebuah pohon akan menjadi media tanaman tersebut untuk menempel & hidup namun tak parasit.


perlu diperhatikan bila anda ingin menanam tanaman ; menyesuaikan kondisi alam tanaman asal dgndaerah dimana anda akan menanam tanaman tersebut. Tanaman dr daerah dingin akan susah beradaptasi dgnlingkungan daerah panas. Anda membeli tanaman di daerah dingin & akan menanamnya di daerah panas pertama tama harus menyesuaikan tanaman akan anda tanam.

Janganlah terlebih dulu mengeluarkan tanaman anda dr potnya & menanamnya langsung di tanah karena tanaman tersebut akan mati karena kekeringan. Berikan air banyak namun regular kepada tanaman anda & pada hari ketiga tanam di mana anda menginginkannya. Perhatikan pula apakah tanaman tersebut sensitif dgnsinar matahari atau tidak. Jangan lupa untuk memperhatikan tanaman anda dgnrutin menyiram di sore hari, di kala matahari tak terlalu terik serta memberi pupuk & menghilangkan tanaman mengganggu.

Penanaman secara alami ; penanaman tanaman dgnmedia tanah memiliki kandungan zat dibutuhkan tanaman. Namun sekarang ditemukan cara untuk menanam tanaman di media bukan tanah. Bagi beberapa negara padat penduduk dimana harga tanah sangat mahal, penanaman tanaman dgnmedia bukan tanah merupakah solusi penting.

Di Jepang, tanaman ditanam di media air & ni adalah solusi penting pada pertanian negara tersebut dimana menanam tanaman di tanah dalam jumlah banyak & luas ; suatu hal tak mungkin mengingat harga tanah di Jepang sangat mahal. Di Indonesia, penanaman tanaman di media bukan tanah masih belum terlalu popular karena Indonesia ; negara subur dgntanah berlimpah ruah. Namun untuk tanaman hias, penanaman dgnmedia gel mulai popular. Hal ni dikarenakan selain tak kotor, media gel juga praktis & bebas dr gangguan-gangguan biasanya muncul seperti tumbuhan pengganggu juga serangga & rayap.

Penanam hanya perlu menambahkan air untuk merawat tanaman mereka. Namun gel ni masih mahal & harganya masih belum menjangkau masyarakat luas. Selain seperti itukelemahan gel tersebut ; belum bolh menjadi media tanam untuk tanaman lebih besar, karena tanaman lebih besar membutuhkan banyak gel berarti harus mengeluarkan lebih banyak uang.

Perawatan tanaman
Banyak hal harus diperhatikan untuk merawat tanaman. Merawat tanaman tak hanya cukup memberi air & pupuk supaya tanaman tumbuh subur & sehat, tetapi juga memperhatikan jenis tanaman, kondisi tanah, iklim & penyakit kemungkinan bisa menyerang.

Sangatlah penting untuk menghindarkan tanaman dr tanaman atau serangga mengganggu. Bila menemukan gulma atau tanaman pengganggu, maka harus dilakukan penyiangan atau pembunuhan tanaman mengganggu tersebut. Gulma tumbuh di sekitar tanaman seperti rumput atau semak semak bisa dihilangkan dgnpembubunan tanah di sekitar tanaman. Penyiangan ni hendaknya dilakukan rutin selama 2 atau 3 kali seminggu atau disesuaikan dgnkondisi.

Hal kedua perlu diperhatikan ; pemupukan. Pupuk diberikan bisa berupa pupuk alami atau pupuk buatan bisa diberikan pada daun, tanah atau bagian lain. Sama seperti penyiangan, pemupukan juga diberikan dgnrutin, namun jangan terlalu banyak & jangan terlalu sering karena bisa mengganggu keseimbangan komposisi tanah.

paling penting ; memperhatikan penyiraman kepada tanaman tersbeut. Perlu diingat bahwa penyiraman disesuaikan dgnkebutuhan suatu tanaman & juga curah hujan pada daerah tempat tanaman tumbuh. Jaga supaya tanaman tak layu & kekurangan air karena hasilnya akan sangat fatal.

Wasp; terhadap timbulnya hama & penyakit pada tanaman. Cari tahu informasi tentang hama atau penyakit tertentu sering menyerang sebelum menanam suatu jenis tanaman untuk mempermudah menanggulangi bila tanaman tersebut terserang penyakit.

Terakhir, seringlah memangkas tanaman terutama untuk tanaman perdu & pohon. Selain untuk membentuk pohon, pemangkasan tanaman juga bisa mempercepat pembuahan, meremajakan tanaman & lain sebagainya. Untuk pohon, pembentukan tanaman dimaksudkan supaya pohon tersebut bisa memproduksi bunga lebih banyak. Pengurangan daun ; supaya pohon bisa lebih menghasilkan asimilasi bersih hingga buah cepat bisa cepat berproses. Jangan lupa untuk memotong ranting, daun & bagian tanaman lain terkena penyakit supaya tak menular ke bagian atau tanaman lainnya.

Pada dasarnya merawat tanaman tidaklah sulit. Bila dilakukan secara rutin, merawat tanaman bisa menjadi hobi menyenangkan. Beberapa orang menyatakan bahwa merawat tanaman bisa menghilangkan stress.

0 comments: