Saturday, December 20, 2008

10 Khasiat Air Putih

Air dlm tubuh diantaranya berfungsi menjaga kesegaran, membantu pencernaan & mengeluarkan racun. Namun, tahukah Anda, ternyata banyak khasiat direguk dari air putih, selain kesegaran.

Banyak orang tidak mengetahui khasiat air selain buat menghilangkan dahaga saja. Air bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan tips cara mudah & murah. berikut 10 khasiat air putih mungkin bisa kita jadikan acuan saat akan mengkonsumsi minuman di luar dari air putih.

1. Memperlancar Sistem Pencernaan
Mengkonsumsi air dlm jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan hingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan kayak maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

2. Air Putih Membantu Memperlambat Tumbuhnya Zat-Zat Penyebab Kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal & hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.

3. Perawatan Kecantikan
Bila kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dlm kulit hingga kulit men kering & berkerut. Selain itu, air putih bisa melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan & menyehatkan kulit. Buat menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh pun harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 - 10 gelas sehari.

4. Buat Kesuburan
Meningkatkan produksi hormon testosteron di pria serta hormon estrogen di wanita.
Menurut basil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dgn air dingin maka peredaran darahnya lancar & tubuh terasa lebih segar & bugar. Mandi dgn air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dlm tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus.

Bahkan, mandi dgn air dingin di waktu pagi bisa meningkatkan produksi hormon testosteron di pria serta hormon estrogen di wanita. Dgn kayak itu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat & kuat, tak mudah retak. Nah, buat malas mandi pagi atau bahkan malas mandi harus mulai dirubah tuh kebiasaannya…

5. Menyehatkan Jantung
Air juga diyakini bisa ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, & penyakit kewanitaan. Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif memanfaatkan kemanjuran air putih.

6. Sebagai Obat Stroke
Air panas tak hanya digunakan buat mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif buat mengobati lumpuh, kayak karena stroke. Penyebab, air tersebut bisa membantu memperkuat kembali otot-otot & ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah & sistem pernapasan.

Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah & oksigenisasi jaringan, hingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat & sulfat dlm air panas, membantu pelebaran pembuluh darah hingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.

7. Efek Relaksasi
Cobalah berdiri di bawah shower & rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air jatuh ke tubuh terasa kayak pijatan & mampu menghilangkan rasa capek karena terasa kayak dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dgn air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai & taman dgn banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif timbul karena butiran-butiran air berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap & memanfaatkan oksigen. Ion negatif dlm aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dlm sel & jaringan.

Bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot bisa dilegakan dgn mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan buat merendam kaki dgn air hangat dicampur sedikit garam. Nah, jika memilik shower di rumah cobalah mandi & nikmati hasilnya. Konon, shower juga menghasilkan ion negatif.

8. Menguruskan Badan
Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dlm tubuh akan lebih cepat keluar lewat urine. Buat ingin menguruskan ba& pun, minum air hangat sebelum makan (hingga merasa agak kenyang) adalah satu tips cara buat mengurangi jumlah makanan masuk. Apalagi air tidak memiliki kalori, gula, ataupun lemak. Namun terbaik ; minum air putih di suhu sedang, tidak terlalu panas, & tidak terlalu dingin. Mau kurus?, minum air putih saja.

9. Tubuh Lebih Bugar
Khasiat air tak hanya buat membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat sangat diperlukan tubuh. Kita mungkin lebih bisa bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Penyebab, air adalah untukan terbesar dlm komposisi tubuh manusia.

10. Penyeimbang tubuh .
Jumlah air menurun dlm tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun & lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dlm mempertahankan keseimbangan asupan air masuk & dikeluarkan. Rasa haus di setiap orang adalah mekanisme normal dlm mempertahankan asupan air dlm tubuh. Air dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 - 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (kayak dari kuah sup, soto), minuman kayak susu, teh, kopi, sirup. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan dikonsumsi & metabolisme jaringan di dlm tubuh.

Nah, air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni & keringat. Jumlah air dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja dikeluarkan di orang sehat sekitar 50 - 400 g/hari, kandungan aimya sekitar 60 - 90 % bobot tinja atau sekitar 50 - 60 ml air sehari.

Sedangkan, air terbuang melalui keringat & saluran napas dlm sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan. Seseorang mengalami demam, kandungan air dlm napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembapan udara di sekitarnya.

Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun & kita tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut. Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran buat minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 %! Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah & lesu.

Asal tahu saja, aktivitas makin banyak maka makin banyak pula air terkuras dari tubuh. Buat itu, pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus Kebiasaan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak, adalah kebiasaan sehat!

Jika berada di ruang ber-AC, dianjurkan buat minum lebih banyak karena udara dingin & tubuh cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang suhunya tidak tetap pun dianjurkan buat membiasakan minum meski tidak terasa haus buat menyeimbangkan suhu.

Baca Juga :

- Air Putih & Kesehatan

Sumber ; Rileks.Com

0 comments: