Saturday, November 1, 2008

Khasiat Dibalik Kesegaran Mentimun

Buah mentimun memang cukup akrab dijumpai dipasaran. Sebagai sayuran, lalapan atau bisa juga dijadikan sebagai minuman segar. Selain sebatas dimanfaatkan sebagai campuran makanan, dibalik kesegaran daging buahnya memiliki banyak air ini tersimpan banyak manfaat.

Khasiat & Kandungan Gizi Mentimun

Selain bisa dikonsumsi dlm bentuk mentah, rasa mentimun segar juga enak diolah sebagai campuran sayuran. Mentimun memiliki kandungan 0,65 % protein, 0,1 % lemak & karbohidrat sebanyak 2,2 %. Juga memiliki kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 & vitamin C.

Mentimun dikatakan juga memiliki 35.100 - 486.700 ppm asam linoleat sebagai suku cucurbitaceae biasanya memiliki kukurbitasin, mentimun kemungkinan juga memiliki senyawa tersebut. Kukurbitasin adalah senyawa mempunyai aktivitas sebagai anti tumor.

Lantas khasiat apalagi bisa dipetik :

  • Biji timun sendiri memiliki racun alkoloid jenis hipoxanti, berfungsi buat mengobati anak - anak menderita cacingan.
  • Apabila Kita menderita sakit di tenggorokan menyebabkan sulit bitips cara (batuk) bisa dirawat dgn biji timun. Caranya : sedikit biji timun dicampurkan dgn sedikit garam & dikumur beberapa kali sehari. Pengobatan ini dipercaya bisa mengembalikan suara hilang akibat sakit tersebut.
  • Penyakit pening - pening berkesinambungan hingga bisa menurunkan berat ba& bisa diatasi dgn mengkonsumsi mentimun mentah atau telah dimasak. Selain itu, mentimun bisa juga digunakan buat mengobati penyakit disentri.
  • Mentimun juga sering manfaatkan sebagai obat kecantikan alami. Ambil buah secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Dipakai buat kompres di demam, dibubuhkan di luka, luka bakar, bercak noda di kulit, jerawat, membersihkan kulit muka berminyak & mengurangi kulit gatal.
Sumber : LautanIndonesia.Com

0 comments: