Friday, September 19, 2008

Tips trik Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

Insomnia bisa diartikan sebagai suatu keadaan mana seseorang mengalami kesulitan buat tidur atau tidak bisa tidur dgn nyenyak. Rata rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dlm hidupnya. Bahkan ada lebih ekstrim menyebutkan 30 - 50% populasi mengalami insomnia.

Insomnia bisa menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dgn bertambahnya usia. Hal ini mungkin dipenyebabkan oleh stress sering menghinggapi orang berusia lebih tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki laki.

Berikut beberapa tips trik bisa kita lakukan buat mengurangi serangan insomnia.

  1. Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga teratur bisa membantu orang mengalami masalah dgn tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan di pagi hari & bukan beberapa menit menjelang tidur. Dgn berolah raga, kesehatan kita men lebih optimal hingga tubuh bisa melawan stress muncul dgn lebih baik.
  2. Hindari makan & minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan terlalu banyak akan menyebabkan perut men tidak nyaman, sementara minum terlalu banyak akan menyebabkan kita sering ke belakang buat buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur anda.
  3. Tidurlah dlm lingkungan nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal menimbulan suara, pastikan kita nyaman dgn suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan kita karena benda itu bisa membuat kita cemas karena belum bisa terlelap sementara jarum jam kian larut.
  4. Kurangi mengkonsumsi minuman bersifat stimulan atau membuat kita terjaga kayak teh, kopi. alkohol & rokok. Minuman ini akan menyebabkan kita terjaga tentu saja tidak kita perlukan bila kita ingin tidur.
  5. Makananlah makanan ringan memiliki sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dgn segelas susu hangat.
  6. Mandilah dgn air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.
  7. Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.
  8. Gunakanlah tempat tidur kita khusus buat tidur. Hal ini akan membantu tubuh kita menyesuaikan diri dgn lingkungan tempat tidur. Saat kita berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan buat tidur.
  9. Lakukan aktivitas relaksasi setips cara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi & lain lain akan membantu memperlambat proses ter dlm tubuh hingga tubuh kita men lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah kita buat tidur.
  10. Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran menghinggapi pikiran anda. Salah satu tips cara buat ini ; menuliskan semua pikiran kita lewat media blog.
  11. Tidur & bangunlah dlm periode waktu teratur setiap hari. Waktu tidur kacau akan mengacaukan waktu tidur kita selanjutnya.

Demikianlah tips trik mengurangi masalah tidur anda. Selalulah ingat bahwa tidur adalah kebutuhan pokok tubuh buat pertumbuhan & memperbaiki fungsi organ terganggu. Insomnia bukan adalah penyakit bawaan & dgn demikian tentu akan mudah disembuhkan.

Sumber ; blogdokter.net

0 comments: