Saturday, August 2, 2008

Tips trik Fitness Buat Pemula

Buat Kita belum pernah melakukan kegiatan fitness sama sekali atau pemula, ada baiknya mengikuti tips trik di bawah ini terlebih dahulu :

-Warmup : Lakukan pemanasan mulai dari jogging, jalan jongkok & melakukan pelemasan di pergelangan tangan Kita 5 hingga 10 menit.

-Muscular Strength : Setelah itu mulailah melakukan latihan angkat barbel dgn beban berat standar, yaitu 2 sampai dgn 4 kg, berdurasi 5 menit.

-Muscular Endurance : Dilanjutkan dgn push up, sit up & pull up masing-masing sekitar 5 menit.


-Cardio respiratory Endurance
:
Langkah selanjutnya melakukan kegiatan olahraga lebih banyak memanfaatkan tangan kayak renang atau bulutangkis.


-Flexibility: Lari setips cara perlahan sekitar 10 menit. Hal ini bisa dilakukan di komplek tempat Kita tinggal. Atau bisa juga Kita melakukan lari di tempat dgn durasi sama.

-Cool Down
:
Jalan santai keliling komplek (lebih dianjurkan mengelilingi taman) selama 15 menit.

Jika Kita berusia di bawah 35 tahun & tidak memunyai masalah dgn kesehatan, Kita tidak perlu berkonsultasi terlebih dahulu dgn dokter sebelum melakukan hal-hal di atas. Jika Kita berumur di atas 35 tahun, & memunyai riwayat penyakit cukup parah konsultasikan dulu dgn dokter Anda. Karena bisa saja jika Kita melakukan hal-hal di atas, ter ; penyakit tersebut kambuh & menyerang Kita lagi dgn tingkatan lebih tinggi. Berikut ; beberapa jenis penyakit sangat tidak dianjurkan oleh dokter buat mengikuti latihan di atas :

  • Tekanan darah tinggi
  • Hepatitis
  • Kita ; seorang keturunan penderita stroke
  • Penderita vertigo
  • Memunyai masalah dgn pernafasan
  • Penyakit tulang
  • Selalu memunyai masalah dgn otot-otot di sekujur tubuh Anda.
  • Memiliki kandungan kadar kolesterol tinggi di dlm tubuh
Jika Kita tidak bermasalah dgn kesehatan, lakukan langkah-langkah di atas minimal seminggu (dilakukan setiap hari) sebelum memulai kegiatan fitness. Jangan lupa asupan vitamin & makanan berkualitas dgn melakukan control & konsultasi terhadap dokter Anda. Selamat mencoba!

Sumber ; whatzups.com

0 comments: