Saturday, August 2, 2008

Softdrink Bisa Merusak Gigi

Minuman ringan (Softdrink) & minuman enargi men pelapas dahaga pas selepas beraktivitas atau setelah berolahraga. Bisa juga pelengkap saat kongkow bersama temen-teman. Tapi hati-hati, menurut para peneliti dari Academy of General Dentistry’s Amerika Serikat terlalu sering mengkomsumsi minuman ringan & minuman berenergi bisa merusak gigi.

Hasil penelitian dimuat jurnal General Dentistry ini menyebutkan minuman ringan tidak hanya memiliki tingkat keasaman (pH) bisa merusak gigi, namun tingkat buffering atau kemampuan minuman dlm menetralisir asam juga bisa menimbulkan efek negatif di gigi & berpotensi menimbulkan kerusakan di enamel gigi.


Para peneliti melakukan uji coba keasaman di sekitar lima jenis kategori minuman paling popular di AS, terutama di kalangan remaja & orang dewasa. Mereka menemukan pasien mengalami tanggalnya gigi di usia 20-an. Dari sini terungkap gigi para penggemar minuman ini men sangat rentan terhadap serangan asam terbisa dlm minuman. Alhasil, kualitas gigi mereka pun men buruk & bisa berujung di tanggalnya gigi. “Mereka banyak sekali menenggak soda, minuman olahraga & minuman energi. Akibatnya, jika tidak ditangani serius sejak dini, bisa berujung di problem gigi parah & membutuhkan rehabilitasi mulut buat memperbaikinya,” terang Dr Raymond Martin, juru bitips cara dari AGD (Academy of General Dentistry).


Berikut beberapa tips trik buat kesehatan mulut :
  • Gunakan sedotan ditempatkan di untukan belakang atau dlm mulut hingga mencegah adanya kontak cairan dgn gigi.
  • Kumurlah mulut dgn air bersih setelah mengonsumsi minumman berasam
  • Batasilah asupan sejumlah minuman ringan mengandugn soda, minuman energi atau minuman olahraga.
Sumber ; whatzups.com

0 comments: