Saturday, July 19, 2008

Membaca Kesehatan Melalui Kuku

Kuku ; satu dari 'jendela' kesehatan kita miliki. Lewat penampilan kuku, yaitu warna, bentuk, tekstur, atau kondisi permukaannya, tercermin kondisi kesehatan si empunya. Menurut Traditional Chinese Medicine (TCM), pengamatan di untukan-untukan organ tubuh kayak lidah & kuku, bisa membantu menginformasikan kondisi kesehatan seseorang. Pedoman dlm kitab TCM mengatakan, "Segala sesuatu ter dlm tubuh, akan dipantulkan ke untukan tubuh luar". Dari kuku bisa dilihat kesehatan tubuh seseorang.

Pada pasien-pasien baru sembuh dari penyakit berat, biasanya di kuku terlihat 'parit' atau cekungan melintang biasa disebut garis Beau. Tubuh kekurangan mineral tertentu (misalnya seng) akan muncul bercakbercak putih di kukunya. Sistem peredaran darah kurang lancar dlm jangka waktu lama bisa juga dimunculkan lewat penampilan kuku tebal & rapuh kayak kapur. di kasus penyakit infeksi di jantung oleh kuman (endocarditis bacterial) disertai embolisasi (gumpalan darah menyebar ke aliran darah) bisa menimbulkan bercak darah di bawah kuku.

Pada penyakit autoimun (sistem kekebalan tubuh menyerang diri sendiri) misalnya lupus, skleroderma bisa tercermin dari melebarnya kapiler darah di lipatan kulit di dasar kuku. Bahkan, masih menurut dokter Wille, dirinya pernah melihat alat (buatan Cina) khusus mengamati kelainan kapiler lipatan kulit kuku lebih ringan (hanya terlihat jika memanfaatkan mikroskop) konon bisa membantu proses diagnosis penyakit kencing manis, aterosklerosis, yaitu berdasar penampilan lipatan kulit dasar kuku. Namun dr. Willie juga mengingatkan, hasil pengamatan ini tidak bisa dijadikan dasar buat memastikan diagnosis. Diperlukan pemeriksaan lain, khususnya tes laboratorium darah & lain-lain buat memastikannya.

Amati kuku Anda!

Meski pekerjaan 'membaca' kuku ini adalah kegiatan rumit & detail, praktisi Xiaofan Zong & Gary Liscum, penulis buku Chinese Medicine Palmistry (Blue Poppy Press, 1995) menunjukkan beberapa panduan, sebagai berikut :
KUKU bersih putih
Jika warna kuku pucat, tidak mengkilat, menunjukkan si pemilik mengalami anemia, atau dlm akupunktur diistilahkan sebagai' darah kosong', kekurangan energi hidup (chi). Jika kuku pucat menyerupai lilin, menunjukkan perdarahan di lambung & infeksi parasit (misalnya cacing) menghasilkan penurunan kualitas darah setips cara terus-menerus. Bercak putih tipis di bawah kuku menandakan kecenderungan kekurangan kalsium atau seng, akibat infeksi parasit, sembelit menahun, atau tubuh dlm keadaan kelelahan kronis & lemas berkepanjangan. Khusus garis putih melintang di kuku ; tkita kelebihan/keracunan logam arsenik.
'Bulan sabit' di dasar KUKU
Amati kuku Anda. Ada untukan di dasarnya berbentuk bulan sabit putih. Jika tubuh Kita sehat walafiat, maka ukuran bulan sabit putih ini akan proporsional dgn luas kuku. Kawasan ini seolah cermin kesehatan setips cara umum & kondisi kesehatan jantung Anda. Jika area ini bentuknya tidak simetris & terlalu luas, wah... si pemilik harus rajin memeriksakan tekanan darahnya. Ada kecenderungan hipertensi. Jika bulan sabit ini tidak nampak, bahkan di semua 10 jari-jari tangan, pertkita sistem saraf terganggu, & anemia. Tetapi jika bulan sabit terlihat sangat tajam, hati-hati .... Kita sedang diincar stroke(tersumbatnya pembuluh darah). Sebaliknya jika bulan sabit tampak sangat samar-samar, maka penyakit-penyakit sudah antre: gangguan lambung, asma, radang paru-paru, atau gout/rematik (gambar A).
KUKU punya 'parit'
Lekukan melintang di kuku menandakan gangguan kurang gizi. Jika lekukan lebih dari satu, menandakan kelemahan usus & adanya cacing parasit di dlmnya. Jika lekukan terbisa di ujung kuku jari manis, hati-hati terhadap incaran gangguan mata, bronkitis, sakit saluran pernapasan. di jari tengah, lemahnya perototan; di kelingking: sakit tenggorokan, sedangkan di ibu jari, kekurangan energi tubuh (gambar B & C).
KUKU berbentuk aneh/abnormal
Jika bentuk kuku tidak normal (misalnya cekung, sempit, peyot, dll) buku Zong & Liscum mengatakan sebagai akibat sakit berkepanjangan. Kuku menyempit di tengah melintang dari sisi ke sisi menandakan infeksi cacing, kurang kalsium, kurang darah. Kuku pendek melebar menandakan si empunya kurang sabar & berpotensi mengalami gangguan jantung (gambar D & E).
Tkita khusus di KUKU
Jika warna kuku jari telunjuk kiri memerah lebih tajam, waspada terhadap tekanan darah. Ada kecenderungan tekanan darah tinggi, jika bercak merah semacam garis vertikal, berdiri di tengah-tengah kuku jari telunjuk kiri (gambar F). Jika bercaknya menyerupai bulan sabit terletak di untukan kanan bawah kuku jari manis kiri, inilah pertkita adanya gangguan rahim (gambar G)
Problem di prostat (misal pembesaran) ditandai dgn munculnya bercak/guratan di untukan tengah tengah-tengah kuku jari manis kiri. Warna kukunya pun men lebih merah (gambar H). Tetapi jika bercaknya berbentuk spot/bulat di kuku jari tengah kiri, disertai warna kuku pucat, ini tkita diabetes (gambar I).
Sumber: http://www. pramadewa.com

0 comments: