Thursday, March 6, 2008

Perawatan Sepatu


TIPS TRIK MERAWAT SEPATU

Sepatu ; salah satu item dlm fashion tidak akan luput dari perhatian orang. Letaknya boleh saja di untukan paling bawah tubuh anda, akan tetapi tidak berati lantas luput kayak itu saja dari mata penilai tidak kayak itu perduli akan dunia fashion karena mereka pun sebenarnya membutuhkannya.

Sepatu pun berhak menbisakan perawatan setips cara “manusiawi”. Belum lagi karena pola pakai kita “memforsir” sepatu tidak enak dipandang lagi karena dekil. Kadang malah karena kayak itu cintanya kita dgn si sepatu ini, hanya dlm hitungan bulan men rusak atau jebol. Belum lagi sepatu sehari-hari kita pakai itu mengeluarkan aroma tidak sedap.

Tips trik sederhana di bawah ini mungkin akan membuat sepatu kita akan bertahan lebih lama & terjaga keindahannya:

Jika sepatu kita terbuat dari bahan kulit , simpanlah sepatu di tempat kering & tidak lembab, & hindari menjemur sepatu di bawah terik matahari langsung. Angin-anginkan saja agar sepatu tidak lembab & berjamur. Jangan mengelap sepatu kulit dgn memanfaatkan air ! Gunakan bahan lembut buat mengelapnya.

Buat sepatu dari bahan suede sebenarnya hampir sama dgn bahan kulit tapi sepatu dari bahan ini bisa dibersihkan dgn tips cara menyikat akan tetapi memakai sikat khusus lembut atau juga dgn pembersih semprot khusus buat bahan suede, misalnya leather cleaner buatan cololite. Setelah dibersihkan cukup diangin-anginkan saja & biarkan sepatu dlm beberapa menit agar benar2 kering & bisa di simpan di kotak sepatu diberi gel silica, tetapi gel ini harus di ganti dgn baru setiap 2 minggu sekali.

Khusus buat sepatu berwarna putih, bisa di lap dgn memanfaatkan odol putih hingga merata agar kulit sepatu tidak pecah-pecah & lebih awet.

Gunakan ganjalan dlm sepatu buat menjaga bentuk , kita bisa membelinya di toko sepatu atau di supermarket, kalau tidak punya kita bisa saja memanfaatkan potongan kertas Koran sudah anda bentuk sesuai dgn bentuk muka sepatu.

Buat mencegah agar sepatu tidak berbau , jangan memakai sepatu dgn kondisi kaki sedang basah, hal ini bisa menyebabkan bakteri berkembang & akhirnya sepatu kita men berbau tidak sedap.

Buat kita mempunyai masalah kaki selalu berkeringat, sebaiknya bersihkan & keringkan kaki kita sebelum memanfaatkan sepatu.

Buat pertahan ganda, gunakan obat khusus berupa semprotan pewangi atau foot spray di untukan dlm sepatu , setelah itu jangan langsung di pakai, segera angin-angikan agar kering. Ada pula bahan pelindung kayak protector buatan Desco & juga lain, bahan ini sekaligus melindungi sepatu agar kedap air. Jika ada tutupi untukan plastik (sol misalnya). Ada juga bahan paraffin / wax khusus sepatu buat menutup untukan jahitan antara ba& sepatu dgn sol supaya tidak bocor.

Kalau untukan sepatu ada lepas, rekat kembali dgn lem super atau aica aibon. Hal lebih baikdilakukan oleh pembuat sepatunya karena kadang pembuat sepatu tidak memakai lem perekat sama kayak itu juga mutunya.

Selamat mencoba……!

Sumber : artshoes.net

0 comments: