Monday, November 14, 2011

5 Tips cara Cegah Perut Buncit

Perut buncit memang bisa bencana tersendiri & salah satu penyebabnya ; makanan. Karenanya, coba lima tips cara berikut ini buat mencegah perut buncit.

1. Pilih makanan kaya potasium
Potasium bisa membantu menjaga keseimbangan cairan di dlm tubuh, hingga perut tidak mudah kembung. Ada kayak itu banyak makanan dgn kandungan potasium tinggi, bisa pilihan sehari-hari. Di antaranya ; buah melon, mangga, hingga sayur-sayuran kayak bayam, tomat, asparagus, & kacang-kacangan.

2. Hindari soda
Minuman juga bisa membuat perut Kita semakin buncit. Jeannie Gazzaniga-Moloo, RD, jurubitips cara American Dietetic Association, menganjurkan Kita buat lebih sering minum air putih & menjauhi minuman berkarbonasi. Penyebab, jenis minuman terakhir bisa membuat perut kembung hingga bentuknya membuncit.

3. Batasi gula
Seuntukan orang mengalami masalah dlm mencerna gula buatan, hingga bisa menimbulkan gas & gangguan kayak diare, kayak itu kata Patricia Raymond, MD, ahli gastroenterologi dari Chesapeake. Jika Kita curiga Kita ; salah satunya, lebih baik kurangi asupan gula & carilah dlm bentuk lebih ala
mi.

4. Antisipasi PMS
Jika Kita cenderung merasa lebih "bengkak" sebelum atau semasa sedang haid, pastikan Kita menbisakan asupan kalsium & magnesium cukup setiap harinya. Keduanya bisa membantu meredakan gejala PMS (pre-menstrual syndrome), salah satunya ; perut kembung & buncit.

5. Konsumsi probiotik
Probiotik/ Bakteri "baik" ini bisa dikonsumsi setips cara teratur & bisa menjauhkan Kita dari perut kembung & buncit, kata Gazzaniga-Moloo. Bahkan, konsumsi bakteri "baik" juga bisa membantu wanita dgn gangguan irritable bowel syndrome, gejalanya meliputi nyeri perut, kembung, sembelit, serta diare.


Sumber probiotik baik misalnya terbisa dlm yoghurt, tempe, kimchee, butter milk, krim asam (sour cream), sourdough bread (roti dari adonan difermentasikan hingga asam) & keju cottage (cottage cheese).


Disamping mengkonsumsi makanan sumber probiotik, kita juga perlu mengkonsumsi makanan prebiotik, men nutrisi buat "bakteri baik".

Setips cara alami senyawa prebiotik terbisa dlm makanan banyak memiliki serat kayak biji-bijian; sayuran kayak brokoli, kembang kol, & sayuran daun hijau; serta buah-buahan. Produk olahan kedelai kayak tempe, tahu, & taoco, kaya akan senyawa prebiotik. Senyawa prebiotik tersebut juga banyak terbisa dlm tepung terigu dari gandum berkulit ari (whole wheat flour), bawang bombai, & bawang putih.

0 comments: