Monday, February 16, 2009

Menyentuh Berarti Membeli

Pecah Berarti Membeli. Kita mungkin sudah hafal dgn peringatan di banyak toko tersebut, tapi tahukah Kita bahwa sebenarnya otak kita memerintahkan kita buat membeli suatu barang sesaat setelah kita menyentuhnya.

Kalau mau jujur, sering juga kan, kita semula hanya berniat window shopping tanpa sadar sudah keluar dari toko dgn menenteng beberapa tas belanjaan. Nah, ternyata memang ada alasan ilmiah di balik hal tersebut.

Kayak diungkapkan oleh para peneliti dari Ohio State University. Menurut mereka, rasa ingin memiliki suatu barang timbul 30 detik setelah kita menyentuhnya. Dlm risetnya, para responden ditunjukkan sebuah mug kopi mahal. Mereka lalu diminta menyentuh mug tersebut selama 10 hingga 30 detik. Mereka juga diijinkan buat menawar mug tersebut dlm sesi lelang.

Ternyata, responden menyentuh mug lebih lama menawar mug dgn harga tinggi, selain itu banyak juga responden dari kelompok ini membeli mug tersebut, bila dibandingkan dgn responden hanya melihat-lihat mug saja.

" menarik dari studi ini ; bagaimana orang-orang langsung punya rasa ingin memiliki hanya dgn menyentuh & merasakan benda tersebut di tangan. Sekali mereka merasa ingin memiliki, mereka tak segan mengeluarkan uang buat itu," kata James Wolf, kepala penelitian hasil studinya dipublikasikan dlm jurnal Judgment and Decision Making.

Menurut Wolf, para pedagang sudah lama memanfaatkan trik "coba & belilah". Misalnya saja, pemilik dealer mobil rutin mengajak calon pembeli melakukan tes drive atau calon konsumen di toko hewan diijinkkan mengelus binatang-binatang peliharaan di sana.

Jadi, bila tak ingin pengeluaran belanja Anda
melebihi anggaran, mungkin sebaiknya Kita perlu menahan diri buat tak menyentuh & mencoba-coba gaun cantik di display butik.

Sumber ; Kompas.Com

0 comments: