Thursday, November 27, 2008

Tips trik Sehat Dgn Yoghurt

Selain Kita bisa menbisakan nilai lebih dlm segelas yoghurt. Minuman susu fermentasi dari bakteri penghasil asam lactobacillus bulgaricus & streptococcus thermophilus ini memiliki segudang khasiat buat tubuh.

Dua Macam Yoghurt

  • Yoghurt Cair
    Selain yoghurt biasa ada juga yoghurt rendah lemak & yoghurt tanpa lemak yang
    tersedia dlm berbagai pilihan rasa & aroma buah - buahan.
  • Yoghurt Bubuk
    Terbuat dari yoghurt cair telah dikeringkan dgn proses pengeringan beku (freeze drying). Dgn alat khusus, Kita tinggal menambahkan gula & air. Bakteri hidup ada di dlmnya akan bekerja menghasilkan yoghurt.

Apa Keistimewaan Yoghurt ?

Jangan takut jika dikatakan ada bakteri hidup dlm segelas yoghurt Kita minum karena justru itulah keunggulannya. Kehadiran makhluk kecil ini bisa memproduksi antibiotik alami dlm tubuh, meningkatkan kandungan vitamin B serta mempermudah kerja sistem pencernaan.

Bakteri asam laktat berperan sebagai bakteri baik ini juga dibutuhkan buat menyeimbangkan jumlah bakteri buruk dlm usus.

Bagaimana Pengolahannya ?

Sebenarnya yoghurt bisa dimasak men aneka masakan, mulai dari saus buat salad, campuran bumbu dlm aneka hidangan atau puding. Tapi agar tetap menbisakan khasiat bakteri hidup ada didlmnya. Kita perlu hati - hati dlm mengolah & memasaknya.

Sebaliknya, yoghurt tidak dimasak melebihi suhu 60 derajat C karena kerja bakteri dlm yoghurt akan berkurang hingga efek dari yoghurt dibisakan tidak maksimal.

Sumber : LautanIndonesia.Com

0 comments: