Sunday, October 12, 2008

Tips cara Membaca Label Kosmetik


KALAU Kita perhatikan, saat ini makin banyak produk kosmetik memiliki teknologi modern sering sudah dimengerti. Menurut aturan, sebenarnya setiap produsen kosmetik wajib mencantumkan komposisi produk & informasi penting lainnya. Biar tak salah memilih, baca panduannya buat Anda.

Alcohol Free
Dlm dunia kosmetik, kata alkohol merefer di ethyl alkohol. Meski tertulis alcohol free,
namun mungkin saja tetap memiliki alkohol jenis lain, misalnya cetyl, stearyl, cetearyl, atau lanolin alcohol. Efek dari bahan-bahan ini terhadap kulit berbeda dgn etyhil alkohol. Alkohol sering membuat kulit kering kayak isopropyl alcohol, jarang dipakai dlm produk kosmetik.

Not Tested on Animals
Meski peringatan ini menyiratkan produk ini tidak dicobakan di hewan, tapi beberapa kandungan mungkin saja perlu dilakukan uji coba di hewan. Carilah kata "no new testing" atau "not currently tested". FDA sendiri tidak membuat definisi legal buat kata ini.

Hypoallergenic cosmetic
Ini berarti produk kosmetik tersebut mengklaim tidak menyebabkan reaksi alergi atau efek samping alergi lebih kecil dibanding produk lain. Meski kayak itu belum ada prosedur standar dipakai buat memastikan suatu produk tidak menyebabkan iritasi di kulit sensitif.

Noncomedogenic
Peringatan ini berarti produk tersebut tidak memiliki bahan-bahan sering menyebabkan pori-pori tersumbat & bisa menimbulkan jerawat.

Expiration date (shelf-life)
Setiap produk kosmetik wajib mencantumkan tanggal kedaluwarsa dlm kemasannya. Menyimpan kosmetik dlm tempat lembab atau hangat kayak kamar mandi akan membuat kosmetik lebih cepat kedaluwarsa.

Kandungan berbahaya
Berhati-hatilah membeli produk pemutih wajah tidak memiliki nomor registrasi di Departemen Kesehatan. Sejumlah razia rutin dilakukan pemerintah kerap menemukan produk pemutih kulit (skin lightening) memiliki merkuri (Hg), hidrokinon lebih dari dua persen, pewarna rhodamin B & metanil yellow. Pemakaian merkuri bisa mengakibatkan kanker & radang otak karena zat tersebut ikut larut dlm peredaran darah.

Sumber : Kompas.Com

0 comments: