Friday, September 5, 2008

10 Detik Menghilangkan Stres

Sebagai perempuan bekerja harus mengejar target atau deadline, stres mudah datang kapan saja. Saat Kita menghadapi evaluasi dari owner perusahaan tempat Kita bekerja, ataupun harus presentasi pertama kali di depan dewan direksi, kayak itu banyak hal bisa membuat Kita gugup & penuh tekanan. Jika Kita tidak bisa mengatasinya, Kita bisa stres & semua telah Kita rencanakan men berantakan.

Lalu harus bagaimana? Sebenarnya tidak sulit buat mengatasi stres. Ada tips cara cepat & mudah buat membuat Kita tetap tenang di dunia penuh 'kejutan' ini. Masing–masing tips cara ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik.


Posisi Yoga

Ketika stres, tubuh akan kaku & nafas men sulit. Karena itu, satukan kedua tangan kayak jika Kita ingin berdoa di belakang. Tarik kedua bahu & kepala Kita ke belakang, lalu tarik nafas dlm.

Streching – streching

Buat Kita lebih banyak duduk, tegakkan tubuh Kita di kursi. Angkat kaki kanan & letakkan pergelangan kaki kanan Kita di lutut kiri Anda. Condongkan tubuh Kita ke depan & tarik sejauh Kita bisa. Lakukan secara bergantian dgn kaki kiri Anda. Gerakan ini akan membuat otot pinggul lebih rileks.

Go Nuts!

Mengemil ; salah satu tips cara buat mengurangi stres. Tapi agar aktivitas ini tidak menambah stress baru buat Kita karena berat ba& naik, ganti cemilan ‘gorengan’ men kacang-kacangan saja. Kacang memiliki kandungan tryptophan & magnesium tinggi. Dua kandungan ini sangat berguna buat memproduksi serotonin, hormon bisa memberikan rasa tenang hingga stres teratasi.

Mengelus telinga

Tidak hanya Ciko, golden retriever peliharaan Kita suka digaruk kupingnya. Aktivitas ini juga berlaku buat manusia. Menurut Ayuverda, ajaran kehidupan dari India telah ada sejak 5.000 tahun lalu, di telinga terbisa titik-titik marma – semacan titik syaraf kayak di akupuntur- memiliki hubungan dgn untukan tubuh lain. Caranya: cukup garuk lingkaran pada daun telinga Anda, masing-masing dgn tangan kanan & kiri saat Kita stres.

Aromaterapi

Aromaterapi memiliki efek menenangkan & bisa membuat Kita rileks. Aromaterapi bisa Kita manfaatkan ; lavender, lemon balm, chamomile & geranium. Caranya: Ambil bola kapas, & tetesi dgn aromaterapi. Taruh di tempat strategis ada aliran angin. Setiap kali angin berhembus. Aromaterapi akan tercium ke seluruh ruangan & membuat Kita lebih rileks.

Vitamin C

Tak salah lagi. Selain meningkatkan sistem daya tahan tubuh, para peneliti di Universitas Alabama juga mengatakan vitamin C juga bisa mengurangi hormone stres dlm darah. Penelitian tersebut menyarankan dosis 1.000 mg vitamin C.

Tertawa terbahak – bahak

Menurut sebuah penelitian di Universitas California, tertawa terbahak-bahak meningkatkan produksi hormon anti stres bisa bertahan hingga 24 jam. Tidak perlu harus mencela orang lain buat bisa tertawa terbahak-bahak, Kita bisa menstimulasi tawa Kita dgn membaca komik lucu, membaca joke of the day, atau berkaca dgn mimik aneh sampai Kita merasa geli sendiri.

Be in the moment

Fokus di apa Kita hadapi hari ini, & gunakan seluruh indera Kita buat berhubungan dgn lingkungan Anda. Jay Winner, M.D., pengarang buku Take the Stress Out of Your Life memberi contoh saat Kita makan siang, hirup aroma & rasakan masakan tersebut di mulut Kita selama 10 detik. ”Ambil 10 detik itu & biarkan sensasi masakan tersebut masuk dlm pikiran Anda,” saran Dr. Jay. Contoh lain disarankan ; berjalan tanpa alas kaki di tanah & rasakan ketika telapak kaki Kita menyentuh bumi.

Sumber ; Conectique.com

0 comments: