Friday, July 25, 2008

Tips trik & Khasiat Mandi

Ternyata mandi tidak cuma segar tapi juga berkhasiat. Baru-baru ini ada penelitian mengenai mandi, bahwa selain buat membersihkan tubuh ternyata mandi juga memiliki peranan dalm meningkatkan sistem kekebalan, mencegah penyakit kulit, bahkan buat menyembuhkan masalah medis serius.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mandi itu berkhasiat antara lain ;
1. Sebuah studi diterbitkan dlm New England Journal of Medicine : Buat penderita diabetes, dgn setengah jam berendam dlm bak air hangat bisa menurunkan tingkat gula darah sekitar 13 persen.

2. Penelitian terpisah di Jepang : Dgn berendam selama 10 menit dalam air hangat bisa memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita.

Adapun khasiat mandi & petunjuk mandi sehat bisa dilihat di bawah ini ;

1. Mengeluarkan racun

Dgn mandi air hangat sekitar 32-35 derajat Celsius bisa membuka pori-pori bisa membantu mengeluarkan toksin.karena akan membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot & membantu menjaga usus besar bekerja dgn baik. Waktu dianjurkan selama 10-20 menit.

2. Stress

Ternyata mandi air dingin bisa menghilangkan stress karena meredakan ketegangan,& dianjurkan dgn temperatur
sekitar 12-18 derajat celcius. Nah hal ini kebalikan dari air hangat karena akan mempersempit darah & meningkatkan tingkat gula darah. Oleh penyebab itu buat penderita diabetes tidak dianjurkan buat mandi air dingin.

3. Eksema

Buat penderita penyakit kulit kayak eksema, ruam, gatal-gatal bisa menambahkan baking soda ke dlm bak mandi karena berdasarkan penelitian baking soda itu bertindak sebagai antiseptik. Caranya pertama-tama isi air dgn air hangat kuku, tambahkan kira-kira satu pound baking soda & aduk sampai rata. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit.

4. Infeksi

Buat infeksi kayak sariawan bisa menambahkan di air hangat yaitu tiga atau empat cuka dari sari buah apel & berendamlah selama 15-20 menit. Ini juga baik buat mengeluarkan racun dari dlm tubuh karena cuka bisa menyeimbangkan kembali asam.

5. Flu & Sakit Kepala

Buat menyembuhkan flu & sakit kepala bisa dilakukan dgn merendam kaki dlm air hangat. Masukan air hangat secukupnya dlm bak sampai menutupi kaki & pergelangan kaki tambahkan beberapa tetes minyak kayak lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai basuh dgn air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

6. Insomnia

Buat penderita insomnia atau memiliki masalah tidur bisa merendam kaki dlm air dingin . Masukan kaki sampai kaki merasa dingin. Pengobatan ini juga berguna buat kaki lelah, pendarahan hidung, & sembelit.

7. Sirkulasi

Jika kita mengalami masalah sirkulasi maka cobalah dgn mulai merendam kaki selama satu atau dua menit dlm air hangat, kemudian 30 menit dlm air dingin. Cobalah lakukan selama 15 menit kemudian diselesaikan dgn air dingin.

Saat mandi, sebaiknya tidak memanfaatkan air terlalu panas. Air panas selain mengeringkan kulit, bisa pula mengeluarkan kadar minyak alami di dlm tubuh, atau membuat pembuluh darah halus muncul di wajah.

Mandi di bawah pancuran atau memanfaatkan gayung juga sangat

baik buat kesegaran tubuh. Siraman air dingin bergantian dgn air panas akan membantu lancarnya peredaran darah & metabolisme tubuh. Mandi dgn tips cara ini akan membuat tubuh segar bahkan pegal-pegal atau keletihan pun hilang.

Mandi berendam bisa Kita kombinaskan dgn tips cara spa. Caranya, tetesi air mandi Kita dgn minyak aromaterapi (minyak esensial), gel, & sabun memiliki wewangian tertentu. Mandi uap juga bagus buat kulit, karena uap & air panas mempercepat terbukanya pori-pori kulit, buat mempermudah terbuangnya racun-racun & dlm tubuh.

Rasa Cantik Setelah Mandi

Selain buat membersihkan tubuh, mandi ; saat di mana perempuan bisa menikmati kecantikannya.

Jangan sepelekan mandi. Kegiatan membersihkan tubuh dgn air & sabun rutin kita lakukan dua kali sehari ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain menyegarkan, mandi juga bisa membangkitkan mood & energi.

Bangsa Mesir kuno sudah percaya bahwa mandi rendam bisa membersihkan tubuh & membantu ketenangan jiwa. Tradisi mandi dgn air buat penyembuhan penyakit juga telah lahir sejak ribuan tahun lalu.

Di keraton-keraton Jawa & Bali, sejak lebih seabad lalu telah ada pemandian buat putra-putri Keraton, misalnya Taman Sari di Yogyakarta atau Tampaksiring di Bali. Di situ, para putri dimanjakan dgn mandi memanfaatkan rempah-rempah buat lulur atau minyak esensial buat pijat.

Selain rempah-rempah, banyak kekayaan alam telah dimanfaatkan buat merawat kecantikan. Misalnya susu, lumpur laut, bunga mawar, madu, minyak zaitun, buah-buahan, & masih banyak lagi.

Setiap bahan alami biasa dipakai memiliki khasiat berbeda, misalnya buat mengangkat sel kulit mati digunakan strawberi atau kopi sebagai bahan scrub; berfungsi mengecilkan pori-pori (astringent) alami, kayak mentimun, minyak mawar, & teh hijau; atau berfungsi melembutkan kulit, misalnya susu, alpukat, & kelapa.


Efek Psikologis

Berendam atau membasuh tubuh dgn air setelah didera aktivitas seharian bisa memberikan efek psikologis, terutama buat membangkitkan mood.

Tentu saja buat menbisakan kesegaran & energi baru setelah mandi, kegiatan mandi tidak bisa dilakukan dgn tergesa-gesa. Kita perlu memasukkan unsur memanjakan tubuh dlm atips cara mandi. Misalnya saja berendam dlm bunga, mencampurkan beberapa tetes minyak esensial ke dlm air hangat akan dipakai mandi, memanfaatkan sabun dgn aroma paling disukai, & masih banyak lagi.

Dlm kondisi tubuh bersih & segar, pasti kita akan lebih siap menerima segala hal dgn pikiran positif. & pikiran positif akan membuat kita merasa nyaman dgn diri sendiri. Jadi, yuk kita mandi!

(Berbagai sumber)

0 comments: