Sunday, July 20, 2008

Boleh & Tak Boleh Buat Kulit Mata

Kulit di sekitar mata adalah untukan sensitif & lembut. Kulit untukan ini membutuhkan perawatan sepanjang usia. Tak peduli musim panas atau penghujan, kulit seputar mata butuh perawatan extra.
Berikut beberapa langkah mudah buat menbisakan kulit mata sehat & indah :

- Buat menghilangkan lingkaran hitam di seputar mata, tak peduli berapapun usia Anda, beri waktu di diri sendiri buat tidur setidaknya tujuh atau delapan jam setiap malam. Tidur dgn posisi kepala lebih tinggi bisa membantu Kita melawan gravitasi; menyebabkan cairan mengumpul di kantung mata Kita & menyebabkan lingkaran hitam.

- Gunakan krim mata di sekitar mata buat membuat kulit untukan mata tetap lembab.

- Saat mengoleskan krim atau make-up di sekitar mata gunakan jari manis - tekanannya lebih ringan.

- Jangan sering-sering menggosok mata karena ini bisa membuat infeksi mata, & mengakibatkan infeksi di kulit untukan mata. Seuntukan dari kita tak mencuci tangan sebelum menyentuh mata, ini lah penyebab infeksi.

Boleh & Tidak Boleh buat melembutkan & meremajakan kulit untukan mata

Boleh:

- Celupkan selembar kapas di susu dingin & tempelkan di mata tertutup selama 10 menit. Lalu rileks sepenuhnya. Ini akan membantu otot-otot mata rileks setelah Kita lelah bekerja di depan komputer.

- Parut kentang sekaligus dgn kulitnya & tempelkan di mata tertutup selama 20 menit. Lalu rileks sepenuhnya. Ini akan menjaga otot mata Kita tetap kencang.

- Ambil seiris mentimun & letakkan di mata tertutup, tips cara ini berguna buat menghindari terbentuknya lingkaran hitam.

- Jika mata Kita berwarna merah & terasa gatal, pijat ringan kulit mata dgn dadih (susu kerbau fermentasi) buat mengurangi temperatur tak sesuai di sekitar kulit mata.

- Basuh mata Kita dgn air dingin, kerap berguna buat membuat rasa sejuk di kulit mata Anda.

- Beri pijatan ringan di kulit mata, pindahkan jari naik-turun dgn lembut.

Tidak Boleh:

- Jangan memanfaatkan contact lensa buat waktu lama atau sepanjang malam. Ini akan membuat mata Kita terasa lelah & memberikan ketegangan tak perlu di kulit mata.

- Saat Kita membasuh wajah dgn air, jangan melakukannya dgn terburu-buru. Membasuh dgn tips cara kasar & terburu-buru bukannya malah membuat kelelahan di mata Kita mereda tapi justru membuat partikel debu kecil di mata Kita melukai atau membuat alergi. Akibatnya bisa melukai kornea atau akan membuat pedih kulit mata Anda.

- Jangan memanfaatkan sapu tangan buat mengelap mata, sebaiknya pakai tisu, lebih higienis buat kulit sensitif.

- Jangan duduk dekat TV & minimum berada dlm jarak 4,5 meter dari TV. & buat membaca jaga jarak mata dari buku kira-kita setengah meter buat menguatkan otot kulit mata Anda.

- Krim make-up buat mata atau eye shadow berbentuk tabur bisa masuk ke mata, bisa menyebabkan iritasi di untukan otot mata & kulit di dekat mata.

- Jangan memanfaatkan maskara lebih dari setahun. Ini akan membuat lemah kulit mata Anda.
Sumber ; KapanLagi.com

0 comments: