Friday, July 25, 2008

7 Tips cara Atasi Rasa Malu

Orang-orang dgn sifat pemalu setips cara naluri menyimpan kesadaran kalau diri mereka terlewatkan dari orang lain. Sifat pemalu biasanya membuat seseorang kehilangan kesempatan, kurang menbisa kesenangan & terkucil dari hubungan sosial.

Sifat pemalu bisa membawa banyak kerugian. Tapi buat Kita memiliki sifat ini, tak perlu berkecil hati, karena di dasarnya ada banyak tips cara buat mengusir jauh-jauh sifat merugikan ini. Sebenarnya, formula dari rasa malu terdiri dari 'terlalu berpusat di diri sendiri' dicampur dgn rasa gugup. & ada paduan lebih tak menyangkan,saat rasa malu itu mempengaruhi fisik Kita dgn cara'membajak' ketenangan logis.

Rasa malu ; sebuah kombinasi dari kegugupan sosial & pengkondisian sosial. Buat mengatasi rasa malu ini Kita butuhkan ; belajar bersikap rileks dlm pergaulan sosial. Dibutuhkan usaha buat mengarahkan diri Kita jauh dari terlalu berpusat di diri sendiri, serta memberi diri Kita ruang buat mempraktekan kemampuan bercakap-cakap. Dlm kebanyakan kasus, emosi memuncak dlm bersosialisasi membuat orang menanggapi berbagai kejadian dgn rasa takut. Buat memulai mengurangi rasa malu, buat Kita pemalu, ada beberapa hal dibawah ini mungkin bisa Kita praktekan ;


1. Pikirkan tentang tips cara Kita merasa & bertindak di sekitar orang-orang telah Kita kenal, dimana Kita bisa merasa nyaman & bersikap spontan. Alihkan perasaan itu saat Kita bertemu kenalan baru serta dlm situasi membuat rasa percaya diri Kita memudar.


2. Hindari terlalu memperhatikan diri Kita sendiri. Tentu saja, Kita boleh sedikit memikirkan tentang bagaimana Kita akan melewatkan perbicangan dgn orang banyak, tapi jika seluruh fokus Kita tercurah di kata-kata Kita sendiri & perasaan Anda, selanjutnya Kita akan mulai merasa gugup sendiri. Ingat-ingat apa dikenakan oleh orang lain & buat catatan tersendiri, dengarkan apa mereka perbincangkan, bayangkan dimana mereka tinggal, buat sebuah garis besar atau ingat-ingat nama mereka. Hal ini bukan hanya memberi Kita bahan perbincangan, tapi juga mencairkan ketegangan dlm bersosialisasi & membuat perasaan Kita lebih tenang.


3. Buat pertanyaan terbuka di semua orang. Banyak orang lebih senang bitips cara tentang diri mereka sendiri, & temukan sebuah topik membuat orang lain tertarik, apa membuat mereka tertarik akan membuat perbicangan berjalan menyenangkan buat semua orang. Selalu ajukan pertanyaan memungkinkan jawaban lebih dari ya/tidak.


4. Berhentilah percaya di imajinasi Anda. Mungkin Kita pernah membuat gambaran tentang sebuah liburan menyenangkan & di kenyataanya jauh berbeda dari Kita bayangkan' Itu menunjukan beatapa tak bisa dipercayanya bayangan kita sendiri. Berhentilah memikirkan apa dipikirkan orang lain, pasalnya, apa Kita soal pikiran orang lain tentang Anda, belum tentu sama persis kayak bayangan Anda.


5. Berhentilah memikirkan 'segalanya atau bukan apa-apa.' Pemikiran 'pasti begini/pasti begitu' tertuang saat Kita mengalami emosi. Orang-orang sedang depresi, marah & gelisah melihat kenyataan dari hal-hal ini dgn perbedaan ektrim. Buat orang sedang marah 'Kita salah' & 'mereka benar,' orang marah akan melihat dirinya 'gagal', sedang lain 'berhasil.' berhentilah berpikir kalau Kita mungkin telah mengatakan hal salah, atau orang lain akan membenci Anda. Saat Kita merasa rileks dlm pergaulan sosial Kita akan menbisa sedikit peringatan dari diri Kita sendiri, karena dlm keadaan gugup, biasanya Kita akan mulai berpikir tentang segalanya atau bukan apa-apa.


6. Nikmati waktu Anda. Tak perlu mengatakan hal-hal tanpa berpikir terlebih dulu. Ajukan pertanyaan & jika pertanyaan diajukan Kita bisa mempertimbangkan jawaban terlebih dahulu sebagai tanggapan Anda. Jangan asal menjawab tanpa berpikir. Jawaban diluncurkan dgn perlahan adalah tips cara rileks buat bersikap.


7. Akhirnya, gunakan latihan hipnotis. Hipnotis adalah tips cara tercepat buat mengubah tanggapan instink/emosi Kita dlm setiap situasi. Hanya pikirkan bahwa pikiran & tubuh Kita dlm keadaan rilek sewaktu bertemu orang baru. Samakan keadaan ini sewaktu Kita bertemu dgn orang-orang baru. Sebenarnya, sewaktu Kita merasa santai seringkali Kita akan menemukan saat tepat buat menerapkan hipnotis agarmerasa percaya diri berhadapan dgn orang-orang baru, & tentu saja di titik ini rasa malu akan tersingkir dgn sendirinya.


Buat Kita memiliki masalah dgn rasa malu saat bertemu dgn kenalan baru, bisa Kita mencoba tujuh tips trik kami sampaikan di atas. & semoga setelah itu Kita akan lebih percaya diri saat bertemu orang-orang baru dlm pergaulan sosial.

Sumber ; KeluargaSehat.com

0 comments: