Wednesday, June 11, 2008

Cara Budidaya Ikan Mas Koki Mutiara

1. PENDAHULUAN
Ikan koki mutiara adalah jenis ikan mas mempunyai tubuh bulat dgn kepala kecil & ekor lebar. Ikan ini berasal dr daratan cina, namun di Indonesia sudah lama bisa diCara Budidayakan.
Pemasaran ikan ini selain di dlm negeri juga adalah jenis ikan di eksport & harganyapun cukup tinggi.
2. PEMIJAHAN

1)

Pemilihan induk

a.

Induk baik untuk dipijahkan sudah berumur + 8 bulan, dgn ukuran minimum sebesar telur itik.
b. Pilih induk berkepala kecil dgn tubuh bulat, sisik utuh & tersusun rapih. Bila ikan sedang bergerak, ekor & sirip akan kelihatan tegak.
c. Untuk mendapatkan keturunan berwarna, maka calon induk akan dipijahkan berwarna polos. Gunakan induk jantan berwarna putih & betina berwarna hitam or hijau lumut or sebaliknya.

2)

Perbedaan jantan & betina
INDUK JANTAN
INDUK BETINA
Pada sirip dada terbisa bintik-bintik bulat menonjol & bila diraba terasa kasar.
Pada sirip dada terbisa bintik-bintik & terasa halus bila diraba.
Induk telah matang bila diurut pelan kerarah lubang genital akan keluar cairan berwarna putih Bila diurut, keluar cairan kuning bening. Pada induk telah matang, perut terasa lembek & lubang genital kemerah-merahan.
3) Cara pemijahan

a.

Bak/aquarium telah bersih diisi dgn air telah diendapkan + 24 jam, kemudian letakkan eceng gondok untuk melekatkan telurnya.
b. Pilihlah induk telah matang telur, masukkan kedlm bak pada sore hari. Apabila pemilihan induk dilakukan dgn cermat, biasanya keesokan harinya telur sudah menempel pada akar eceng gondok.
c. Karena telur tak perlu dierami, induk bisa segera dipindahkan ke kolam penampungan induk, untuk menunggu sampai saat pemijahan berikutnya. Bila perawatannya baik, maka 3 ~ 4 minggu kemudian induk sudah bisa dipijahkan kembali.
3. PEMELIHARAAN BENIH

1)

Setelah 2 ~ 3 hari telur akan menetas, sampai berumur 2 ~ 3 hari benih belum diberi makan, karena masih mempunyai persediaan makanan pada yolk sac-nya (kuning telur).

2) Pada hari ke 3 ~ 4 benih sudah bisa diberi makanan kutu air telah disaring.
3) Setelah berumur + 15 hari benih mulai dicoba diberi cacing rambut disamping masih diberi kutu air, sampai benih keseluruhannya mampu memakan cacing rambut baru pemberian kutu air dihentikan.
4) Untuk telur ditetaskan di aquarium maka sebainya setelah benih berumur + 1 minggu dipindahkan ke bak/kolam lebih luas.
5) Ketinggian air dlm bak 10 ~ 15 cm dgn pergantian air 5 ~ 7 hari sekali. Setiap pergantian air gunakan air telah diendapkan lebih dahulu.
6) Untuk menghindr sinar matahari terlalu terik diperlukan beberapa tanaman pelindung berupa eceng gondok.
4. PEMBESARAN

1)

Pembesaran ikan dilakukan setelah benih berumur lebih dr 1 bulan sampai induk.

2) Jenis koki mutiara ini memerlukan banyak sinar matahari, untuk itu tanaman eceng gondok bisa dikurangi or dihilangi.
3) Untuk tahap pertama pembesaran bisa ditebar + 1.000 ekor ikan dlm bak berukuran 1,5 x 2 m. Kemudian penjarangan bisa dilakukan setiap 2 minggu dgn dibagi 2.
4) Pergantian air bisa dilakukan 3 ~ 5 hari sekali, juga dgn air telah diendapkan.
5) Makanan diberikan berupa cacing rambut. Makanan diberikan pada pagi hari secara adlibitum (secukupnya). Bila pada sore hari makanan masih tersisa, segera diangkat/dibersihkan.
6) Setelah berumur 4 bulan ikan sudah adalah calon induk. Untuk itu jantan & betina segera dipisahkan sampai berumur 8 bulan telah siap dipijahkan. Untuk induk ikan sebaiknya makanan diberikan yaitu berupa jentik nyamuk (cuk).
7) Sepasang induk bisa menghasilkan telur 2.000 s/d 3.000 butir untuk sekali pemijahan.
5. PENUTUP
Ikan mas koki mutiara mempunyai nilai ekonimis tinggi. Untuk benih berumur 1 bulan harganya berkisar Rp. 30,- s/d Rp. 50,- sedangkan sepasang induk berkisar Rp. 5.000,- s/d 10.000,-

Dgn cara pemeliharaan tepat disertai ketekunan bisa diharapkan penghasilan lumayan.
6. SUMBER
Dinas Perikanan DKI Jakarta, Jakarta, 1996
7. KONTAK HUBUNGAN
Dinas Perikanan DKI Jakarta

0 comments: