Monday, June 9, 2008

Cara Budidaya Buah Naga

Apa itu buah Naga?

Sebagian kalangan menyebutnya buah ini dgn nama Buah Dewa. Hingga saat ini di butuhkan akan buah Naga Indonesia cukup besar & bukan cuma pasar lokal saja ingin mencicipi kedahsyatan buah stu ini. Peluang Ekspor juga tak kalah besarnya, Namun kebutuhan besar tersebut belum mampu di penuhi oleh produksi dlm negri asalny (Taiwan) Apalagi kondisi dlm negri Indonesia cukup sulit memenuhi peluang Pasar ini, Karena hal-hal berhubungan dgn iklim investasi cenderung lesu. Tetapi melihat segi potensi Wialyah lahan pertanian luas & subur,Sangat besar kemungkinannya untuk mengembangkan tanaman jenis ini.

Tingginya permintaan buah naga ini di sebabkan oleh promosi menyebutnya sebagai buah meja (Sangat Menarik & Menggiurkan apabila di sajikan di meja makan) Berkhasiat mujarab untuk berbagai penyakit & bermanfaat sebagai bahan baku di bidang industri pengolahan Makanan, Minuman, Kosmetik serta produk kesehatan. Berpedoman kepada kondisi petani sebagian besar kurang mampu berinvestasi di bidang ini (Mahalnya bibit & perlengkapan harus di sediakan). Adalah salah satu motivasi bagi pemilik modal untuk bekerja sama dgn kelompok Tani dlm pemCara Budidayaan Komoditas ini. Kea& lain mendukung adalh tersedianya lahan potensial & tenaga ahli dlm pemCara Budidayaan jenis Tanaman ini.

CIRI BUAH NAGA

Buah naga (Dragon Fruit or Hylocereus Undatus) masih termasuk komoditi langka di indonesia. Buah beasal dr Taiwan ini memiliki bentuk sangat unik & cukup memikat untuk di lihat. Bentuk fisiknya mirip dgn buah nanas cuma saja buah ini memiliki sulur /jumbai di sekujur kulitnya & buah ini berwarna merah jambu (Pink) dgn daging buah berbagai jenis antara lain berwarna Putih, Kuning & Merah dgn biji kecil berwarna hitam sangat lembut & lunak. Rasa buah tergantung jenis warna daging buah itu, Apabila warna merah cenderung manis & legit dgn perpaduan rasa sangat khas. Warna putih rasanya manis& segar sedangkan kuning perpaduan antara ke dua warna di atas. Bentuk tanaman hampir mirip dgn pohon kaktus berupa sulur-sulur memanjang seperti lidah naga menjulur. Berat rata-rata + 600 s.d 800 Gram.


KHASIAT BUAH NAGA

  • Penyeimbang kadar gula darah.
  • Membersihkan darah.
  • Menguatkan ginajal.
  • Menyehatkan lever.
  • Perawatan kecantikan.
  • Menguatkan daya kerja otak.
  • Meningkatkan ketajaman Mata.
  • Mengurangi keluhan panas dlm & sariawan.
  • Mensatbilkan Tekanan Darah.
  • Mengurangi Keluhan Keputihan.
  • Mengurangi Kolesterol & mencegah Kanker usus.
  • Mencegah Sembelit & Memperlancar Feses.


SISTEM PENANAMAN

1. Persyaratan tanam: Tak berpengaruh terhadap kualitas tanah, Jenis apa saja bisa di lakukan penanaman. Membutuhkan penyinaran penuh. Daerah tropis cocok untuk Tanaman ini.

2. Penanaman sebaiknya di gunakan parit untuk saluran drainase di areal kebun.& gunakan ajir/tiang penga tanaman kaktus berukuran 10cm x 10cm x 150cm.Tiang penga ini biasa terbuat dr kayu or beton di tancapkan ke tanah sedlm 50cm dgn jarak tanam 2,5 x 3cm.

3. Jarak tanam bibit baik ; 2,5 x 2 meter & tiap tiang penga di tanami 4 bibit tanaman,Jadi untuk 1Ha membutuhkan 2000 tiang penga & 8000 bibit tanaman buah naga.

4. Pemeliharaan tanaman meliputi,Perawatan sulur tanaman agar terhindar dr luka,pengecekan rutin kondisi keasamn tanah,dll.

5. Panen tanaman akan berbunga pada umur 1,5-2 tahun & bisa di panen saat mencapai umur 30 hari setelah bunga mekar.Tanaman buah naga akan berbuah terus menerus hingga + 10 tahun.

Sumber :http://tcplanet.blogspot.com


0 comments: